Wajib Baca! Dampak Covid-19 di Sektor Pendidikan Indonesia

#SMARTLEARNER
"Be Smart and Keep Learning"

Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak negatif yang begitu besar, termasuk di bidang pendidikan. Hal itu juga dialami di negara kita, Indonesia. Berikut beberapa hal yang menjadi rutinitas baru seorang guru dan siswa yang harus dijalankan selama pandemi ini dan bagaimana prediksi mengenai The New Normal.

1. Work and Study From Home

Study from Home - chinadaily

Yupp, karena pandemi ini kita harus mengikuti proses belajar-mengajar dari rumah. Banyak yang berpendapat bahwa cara belajar seperti ini kurang efektif dan materi yang disajikan tidak dapat dipahami dengan baik oleh para siswa. Tapi teman-teman, pihak pemerintah juga telah berkontribusi dengan memberi tayangan belajar dari rumah di stasiun TV nasional yang ditayangkan setiap hari sekolah. Kalian juga bisa menonton video pembelajaran dari youtube, mencari sumber dari Google, membaca buku, dan masih banyak lagi. Beberapa alasan kegiatan belajar dari rumah ini dikatakan kurang efektif adalah masih banyak siswa yang sulit mendapatkan jaringan internet yang baik, keterbatasan sarana dan prasarana, dan masih banyak guru yang tidak melek teknologi. Walau begitu, kita harus tetap semangat yaa!

2. Penundaan Kegiatan

Study tour bus - WebStockReview

Seperti yang kita ketahui, seluruh kegiatan di sekolah yang melibatkan banyak orang terpaksa ditunda hingga waktu yang belum diketahui. Bahkan ada beberapa kegiatan yang sudah dibatalkan demi mencegah penyebaran virus ini. Dari sudut pandang seorang pelajar, tentunya kita merasa kecewa karena tidak dapat menghabiskan waktu bersama teman dan melakukan berbagai kegiatan bersama-sama tetapi kita harus berpikir secara terbuka bahwa ini perlu dilakukan demi kebaikan semua orang. Kalian masih bisa bertemu secara virtual dengan teman-teman kalian kok. Oh iya pandemi ini juga mengajarkan kita untuk menghargai setiap waktu yang kita miliki bersama orang-orang terdekat kita.

Selain membahas dampak Covid-19 di bidang pendidikan, kami juga akan membahas tentang prediksi mengenai The New Normal (bentuk adaptasi tetap beraktivitas dengan mengurangi kontak fisik dan menghindari kerumunan) yang akan kita hadapi di lingkungan sekolah nantinya yang disarikan dari Protokol Kesehatan Area Institusi Pendidikan.

1. Menyediakan sarana cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol di beberapa spot.

Cuci Tangan - tribunmanado

2. Membersihkan handel pintu, saklar lampu, komputer, meja, keyboard, dan fasilitas lain yang sering tersentuh tangan minimal 1 kali sehari dengan disinfektan.

Membersihkan dengan disinfektan - kompas.com

3. Melakukan skrining harian, yaitu apabila ada siswa, guru, atau karyawan yang memiliki gejala demam di atas 38 derajat, batuk, pilek, gangguan kulit, mata, muntah, diare, tidak selera makan atau keluhan lain, maka diminta untuk tidak pergi ke sekolah.
Termometer tembak - nextren.grid.id

4. Warga sekolah dilarang berbagi makanan, minuman, termasuk peralatan makan, minum dan alat musik tiup yang akan meningkatkan risiko penularan COVID-19.
Berbagi makanan - bobo.grid.id

5. Warga sekolah dilarang melakukan kontak fisik langsung seperti bersalaman, cium tangan, atau berpelukan.

Tidak bersalaman - RRI.co.id

6. Menunda kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang seperti berkemah atau studi wisata.

Later (Nanti) - ClutterBGone

7. Memastikan makanan yang ada di sekolah merupakan makanan yang sehat dan sudah dimasak sampai matang.

Makanan sehat - godiscover.co.id

8. Bagi guru atau karyawan yang memiliki gejala COVID-19 dan tinggal di area zona merah diminta untuk tetap melakukan Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah.

Work From Home - waspada.co.id

Pandemi ini memang merugikan semua pihak namun hal ini juga memiliki beberapa dampak positif dalam hidup kita. Itu semua kembali lagi kepada cara kita berpikir dan berpendapat. Semua yang dilakukan pemerintah adalah yang terbaik ya teman-teman kita cukup stay at home dan menjaga kesehatan dengan baik. Nikmati setiap waktumu ya karena waktu tidak pernah bisa berputar kembali. Be Smart and Keep Learning. See you! 

1 Komentar

  1. Wah udah sebulan juga nih blog, selamat ya! Buat konten kreatif terus kalian berdua :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama