Xiaomi Mi 10 Resmi Rilis di Indonesia? Yuk Intip Spesifikasinya!


#TALKNOLOGI

"Technology In Words"
Setelah kurang lebih 5 tahun saat Xiaomi memasukkan flagshipnya Mi 4i pada tahun 2015, Xiaomi seakan diam tak lagi memasukkan smartphone flagshipnya seperti Mi 5, Mi 6, Mi 8 dan Mi 9. Semua smartphone yang dimasukkan hanya menyasar pada pasar Low-end dan Mid-end seperti Redmi series, dan Redmi Note series. Namun akhirnya setelah permintaan MiFans (Sebutan untuk Fans Xiaomi) dan desakan untuk memasukkan smartphone flagship secara resmi ke Indonesia, maka hal ini diwujudkan Xiaomi di tahun 2020 ini.

Xiaomi secara resmi memasukan flagship mereka pada 08 Mei 2020 yaitu Xiaomi Mi 10 yang digadang-gadang akan menjadi pendobrak pasar smartphone flagship di Indonesia. Bukan tanpa alasan Mi 10 menjadi salah satu smartphone flagship yang bisa diandalkan. Dengan spesifikasi yang diandalkan, Mi 10 mampu bertanding dengan smartphone flagship yang sudah ada seperti Samsung Galaxy S20 series, Iphone 11 Series, Huawei P40 series, bahkan Oppo Find X2 Pro.

Yuk kita cek spesifikasinya lebih mendetail!

Menggunakan salah satu SoC (System on Chip) Snapdragon 865 5G terkencang saat ini!



Xiaomi Mi 10 dibekali dengan SoC Qualcomm Snapdragon 865 yang merupakan processor terkencang yang dimiliki oleh Qualcomm saat ini. Snapdragon 865 ini diklaim oleh Qualcomm lebih cepat 25% dibandingkan SoC sebelumnya yaitu Snapdragon 855+ dan dengan efisiensi daya lebih rendah 25-35% lho!





Tak hanya itu, Snapdragon 865 sudah dibekali dengan Modem 5G yang artinya siap menggunakan jaringan 5G jika di Indonesia sudah mendukung jaringan tersebut, dan dukungan WiFi 6 yang merupakan jaringan WiFi tercepat saat ini sehingga SoC ini sangat future-proof  (siap menghadapi masa depan).





Xiaomi membekali pendingin pada Mi 10 dengan nama LiquidCool 2.0 yang ukurannya diperbesar sekitar 251% dan diklaim mampu mengurangi panas hingga 10,5°C.

Dan tentu saja, dukungan RAM jenis terbaru yaitu LPDDR5 pada smartphone. LPDDR5 ini diklaim lebih cepat 30% dibandingkan seri sebelumnya dan 30% lebih rendah penggunaan dayanya.

Dan juga dengan dukungan memori penyimpanan UFS 3.0 yang teruji jauh lebih cepat dengan memori versi sebelumnya.


Berkat semua teknologi SoC, pendingin, dan memori, Xiaomi Mi 10 mendapatkan skor AnTuTu Benchmark berkisar 580ribuan yang berarti skor ini merupakan skor yang sangat tinggi pada sebuah smartphone, bahkan head to head dengan SoC milik Apple yaitu Apple Bionic A13 pada iPhone 11 Series yang memiliki skor mirip.



Baterai Gahar, Pengisian Cepat, Lengkap!


Lanjut ke sektor Baterai, Xiaomi Mi 10 dibekali dengan baterai sebesar 4780mAh yang cukup besar. Baterai sebesar ini diklaim Xiaomi mampu menjalankan Video Playback sekitar 22 jam, gaming hingga 12 jam, mendengarkan musik hingga 6 hari!





Baterai sebesar ini perlu di dukung juga pengisian cepat. Xiaomi membekali Mi 10 dengan Power Adapter sebesar 30W untuk melakukan pengisian smartphone ini dan sudah tersedia dalam box penjualan, bahkan juga mendukung Wireless Charging dengan kecepatan yang sama yaitu di 30W!





Xiaomi Mi 10 ini juga dibekali dengan fitur Reverse Wireless Charging yang berarti smartphone ini dapat mengisi baterai smartphone lain yang mendukung Wireless Charging hanya dengan menempelkannya.






Layar Besar, Warna Tajam, Multimedia makin OKE!



Xiaomi Mi 10 dibekali dengan layar yang cukup luas yaitu 6.67" Full HD+ curve di ke 4 sisinya dengan layar Super AMOLED dan dibekali fitur TrueColor yang berarti layar pada smartphone ini memiliki tingkat akurasi warna yang sangat baik, dan cocok untuk content creator yang sangat mementingkan akurasi warna dalam mengedit maupun memproduksi suatu karya.



Nah ini dia salah satu fitur yang menjadi tren belakangan di smartphone yaitu fitur layar 90Hz. Artinya, smartphone layar pada smartphone ini akan terlihat lebih smooth dibandingkan layar smartphone yang biasa kita pandang pada 60Hz. Bahkan layar ini juga membuka 90 FPS (Frame per Second) pada game yang support dengan frame rate ini.



Bukan hanya di sisi layar saja, Mi 10 juga dibekali dengan speaker stereo dan support Hi-Res Audio yang menjadikan smartphone ini memiliki kualitas speaker yang sangat baik untuk entertainment seperti nonton film, maupun bermain game.






Kamera Mantap, Buat Pengalaman Fotomu menjadi lebih keren lagi!

Xiaomi Mi 10 diberkali dengan 4 buah lensa kamera di bodi belakang dan 1 berbentuk Punch-hole di depan.


Lensa utama yaitu 108MP yang memiliki bukaan lensa f/1.33" dan mendukung OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electrical Image Stabilization) yang berguna untuk menstabilkan video ketika direkam.


Lensa kedua yaitu 13MP ultra wide-angle (lensa lebar) dengan bukaan f/2.4" yang mampu menjangkau hingga sudut 123°.


Lensa ketiga yaitu 2MP depth sensor yang berfungsi untuk membantu pengambilan foto Portrait/Bokeh. Buat yang belum tahu, foto portrait itu berarti foto yang objek depannya kelihatan jelas tetapi backgroundnya blur.


Lensa keempat yaitu 2MP macro yang berfungsi untuk mengambil foto jarak dekat seperti foto bunga, dan lain-lain.


Di sisi pengambilan Video, Xiaomi Mi 10 dibekali beragam fitur, contohnya saja mampu mengambil video hingga resolusi 8K, disaat smartphone lain masih 4K, Mi 10 mampu merekam hingga 8K semuanya dibantu dengan processing oleh Snapdragon 865 yang ditertanam di dalamnya. Berkat bantuan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan, Mi 10 mampu menjalankan fitur seperti Portrait Video, Color Focus, Motion Blur, Vlog Mode dll.

HARGA FANTASTIS!



Mi 10 resmi hadir di Indonesia dengan bandrol harga hanya Rp 9.999.000. Bisa dikatakan, ini harga yang cukup terjangkau melihat spesifikasi yang ditawarkan dengan beragam fitur yang diberikan.

KESIMPULAN

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, gimana menurut kalian? Menurut kami, begitupun dengan Mi 10 ini, ada hal yang mungkin membuat kalian akan berpikir untuk membelinya meskipun hanya hal yang cukup subjektif.
1. Tidak tersertifikasi IP68
Sertifikasi IP68 atau sertifikasi tahan air dan debu tidak tersedia pada smartphone ini, walau begitu mungkin bagi kalian yang sudah biasa merawat smartphone dengan baik mungkin bisa melupakan hal ini.

2. Slot sim card hanya satu

Ya, ternyata di dalamnya hanya Single Nano-SIM, yang berarti SIM nya cuma bisa masuk 1. Ini mungkin kurang cocok bagi kalangan pebisnis yang menggunakan SIM lebih dari satu, ataupun kalian yang mungkin kartu untuk telepon dan kartu untuk kuota internet berbeda.

Tetapi diluar semua itu, smartphone ini sangat kami rekomendasikan apalagi bandrol harga yang cukup terjangkau dengan kualitas smartphone yang baik dengan fitur yang cukup lengkap. Mi 10 hadir dengan 2 varian warna yaitu Twilight Grey dan Coral Green. Mi 10 akan tersedia di toko offline yaitu Authorized Mi Store, Mi Store from Home (Jabodetabek), dan Erafone. Juga e-commerce seperti Shopee, tokopedia dll.


Nah itu dia penjelasan dari kami mengenai Xiaomi Mi 10. Kalau masih ada yang ingin di tanyakan bisa langsung isi di kolom komentar, atau ke Instagram kami. Terima Kasih!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama