Introvert? Ekstrovert? Ambivert? Apa bedanya?

#SMARTLEARNER #JIWAMUDA

Ketiga Kepribadian - minews.id

Belakangan ini ketiga kata itu sering diperbincangkan. Ada yang belum tahu banyak, ada juga yang belum tahu sama sekali. Kepribadian seseorang bisa diketahui dari caranya berinteraksi dan beraksi terhadap dunia sekitarnya. Kalian juga bisa mengetahui kepribadianmu melalui tes kepribadian secara online loh.

Untuk itu, sebelum kalian menyebut diri sebagai seorang introvert, ambivert, ataupun ekstrovert sebaiknya kalian simak dulu definisi dan ciri berikut ini.

1. Introvert

Ilustrasi Introvert - finansialku.com

Introvert adalah mereka yang cenderung fokus pada pikiran dan mood yang asalnya dari dirinya sendiri dibandingkan mencari inspirasi dari luar dirinya. Introvert cenderung senang menyendiri dan memilih ketenangan ataupun menghabiskan waktu bersama 2 atau 3 orang terdekatnya. Nah, orang yang introvert ini cenderung tidak suka basa-basi. Mereka lebih memilih untuk langsung to the point aja. Ini dia ciri-ciri orang yang berkepribadian introvert lainnya :
a. Nyaman dengan kesendirian
b. Lingkaran pertemanannya tidak begitu besar
c. Sering dianggap pendiam dan suka melamun
d. Lebih memilih menulis dibanding berbicara banyak
e. Cara berpikirnya mendorong mereka melakukan riset dan refleksi diri sendiri
f. Senang bekerja sendiri

2. Ekstrovert

Ilustrasi Ekstrovert - duniakaryawan.com

Kepribadian ini merupakan kebalikan dari kepribadian introvert. Mereka sering didefinisikan sebagai "life of the party". Mereka sangat tertarik dengan interaksi sosial dan sangat menikmatinya. Ekstrovert cenderung lebih responsif terhadap stimulasi dari luar karena otak mereka mengeluarkan lebih banyak dopamine (senyawa kimia di otak yang menyebabkan rasa senang dan puas) di tengah situasi sosial. Ciri-ciri kepribadian ekstrovert lainnya :
a. Mudah bersosialisasi
b. Suka bekerja secara tim
c. Outgoing dan optimis
d. Berani mengambil resiko
e. Penuh semangat dan percaya diri

3. Ambivert

Ilustrasi Ambivert - pusatilmupengetahuan.com

Sebenarnya, introvert dan ekstrovert adalah sebuah spektrum yang artinya tidak semua orang secara 100% memiliki kepribadian introvert atau ekstrovert. Ada juga yang berada di tengah-tengah. Orang yang berkepribadian seperti itu disebut seorang ambivert dimana ia tidak merasa cocok dengan deskripsi dari kedua kepribadian tersebut.

Seseorang yang ambivert cenderung merasa nyaman dengan interaksi sosial juga dapat menikmati kondisi saat mereka sendirian / jauh dari keramaian. Ini dia ciri-ciri orang yang berkepribadian ambivert :
a. Tetap produktif saat bekerja sendiri maupun bekerja sebagai tim
b. Komukanikator yang sangat baik
c. Mampu beradaptasi di segala lingkungan dengan baik
d. Pendengar yang baik
e. Unpredictable dan moody

Itu dia pengertian dan sedikit pembahasan mengenai ciri-cirinya. Semua ciri-ciri tersebut tidak tentu 100% benar ya teman-teman. Mungkin ada beberapa ciri di atas yang tidak sesuai dengan diri kita namun itu semua kembali lagi kepada diri kita masing-masing. See you!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama