IPA or IPS? Pertimbangkan Dulu Hal Ini!

#SMARTLEARNER
"Be Smart and Keep Learning"

Ilustrasi IPA vs IPS - Vector Design by freepik.com

Pilihan ini tentunya cukup sulit untuk teman-teman yang baru masuk SMA. Alasan utama dari penjurusan ini agar kamu bisa lebih fokus dalam mendalami ilmu yang sesuai dengan minat. Hal itu akan berlanjut lebih spesifik saat kamu akan berkuliah. Jadi, penting banget untuk menentukan jurusan yang sesuai dengan minat kamu dari sekarang. Nah, kali ini MACEFS akan memberi beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih IPA atau IPS.

1. Apa Bakat dan Kemampuanku?

Ilustrasi Bakat Anak - edukasi.kompas.com

Sebelum memilih jurusan, pastikan kamu mengetahui apa bakat dan minat pribadi, seperti membiasakan diri untuk membuka web mengenai penjurusan lalu cocokkan dengan nilai rapor dari bangku SD sampai SMP, cek kembali mana yang lebih bagus antara IPA dan IPS. Kamu juga bisa mengikuti psikotest menjelang penjurusan di luar sekolah.

2. Apa Cita-Citaku?

Cita-cita - darunnajah.com

Seiring berjalannya waktu, cita-cita setiap orang akan berubah. Dalam menentukan jurusan, cita-cita memiliki peran penting loh. Cita-cita mencakup goal dan impian yang ingin kamu wujudkan dan dengan begitu kamu akan termotivasi untuk mengerahkan potensimu secara maksimal. Dengan begitu, kamu memiliki arah untuk melangkah. Cita-cita itu akan membuat kamu lebih fokus dan terarah untuk mencapai satu tujuan besar.

3. Orangtuaku Tidak Setuju. Gimana?

Illustrasi orang tua tidak setuju - Shutterstock

Pilihan anak dan orangtua tidak jarang saling bertolak belakang. Itu sebabnya kamu dan orangtuamu harus lebih terbuka dan lebih sering berbicara satu sama lain agar kalian bisa saling mengerti. Kadang, orangtua diam-diam memiliki ekspektasi sendiri untuk anaknya dan secara tidak sadar memaksa anaknya untuk mengikuti keinginannya itu tanpa bertanya apa keinginan anaknya. Hal itu membuat banyak anak yang "asal" saat bersekolah. Untuk itu, kamu harus terbuka dan bicarakan baik-baik mengenai alasan dari pilihanmu ke orangtua. Bicarakan jauh-jauh hari agar orangtuamu dapat lebih mengerti karena jika kamu memiliki alasan yang tepat dan bertanggungjawab, orangtuamu akan mengikuti pilihanmu dengan pemikiran yang matang.

4. Jangan Ikut-Ikutan!

Ilustrasi Ikut-ikutan - (dreamstime, Vector By freepik.com)

Jangan sampai kamu kehilangan peluang di masa depan hanya karena ikut-ikutan teman. Ingat, masa depanmu ada di tanganmu bukan teman. Berpisah jurusan dengan teman tentunya menyedihkan tapi kamu tidak perlu memaksakan dirimu untuk menjalani hal yang bukan minatmu. Jangan sampai jalanmu rusak di tengah jalan ya teman-teman!

5. Jauhi Mitos!

Mitos atau Fakta - Vector Design by VectorStock

Banyak orang yang mengatakan anak dari jurusan IPA lebih pintar dan senang belajar dibanding anak IPS. Sebenarnya hal itu sangat tidak berdasar. Kenyataannya, banyak kok anak IPS yang bisa menjadi orang sukses. Bahkan ada juga lulusan IPS yang menjadi pemimpin kemudian mempekerjakan lulusan IPA sebagai bawahannya. Bahkan banyak anak IPA yang saat kuliah memilih untuk masuk ke jurusan Sosial. Apapun jurusanmu, itu kembali ke teman-teman semua ya.

Jurusan IPA atau IPS semuanya baik. Itu kembali lagi pada kita yang menjalaninya apakah itu sesuai dengan minat kita atau tidak. Kita harus memastikan bahwa passion kita memang berada di bidang tersebut. Jangan sampai salah pilih ya teman-teman. Setiap keputusanmu hari ini menentukan siapa kamu di masa depan nantinya. Buat kalian yang ingin bertanya lebih, bisa langsung comment di bawah atau hubungi kami lewat Instagram ya. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama