Mau Virtual Photoshoot? Wajib Simak Ini!

#JIWAMUDA #TALKNOLOGI #SMARTLEARNER

Halo teman-teman! Nah kali ini kami akan memberi tips untuk kalian yang pengen melakukan virtual photoshoot untuk bekerja atau mengisi waktu luang selama #dirumahaja. Kami akan memberikan tips untuk tim fotografer dan juga modelnya loh. Yuk simak baik-baik.

A. Fotografer
1. Siapkan peralatan kamera

Peralatan Kamera - Source: beres.id

Kamera yang digunakan dalam Virtual Shoot tidak perlu terlalu mewah. Kamu bisa menyesuaikan dengan yang apa yang kalian punyai. Bisa menggunakan DSLR, Mirrorless, bahkan kamera Smartphone. Apakah menggunakan kamera Smartphone jelek? tentu saja tidak, tetapi hasilnya akan sedikit berbeda jika menggunakan DSLR maupun Mirrorless karena lensa yang bisa diganti-ganti menyesuaikan dengan keadaan. Tetapi pada beberapa jenis smartphone kekinian, lensa yang tersedia sudah cukup beragam, bahkan tersedia fitur seperti Portrait Mode yang memudahkan kamu mendapatkan hasil foto dengan background blur. Tidak lupa, gunakan aksesoris tambahan seperti Tripod atau Monopod, untuk membantu hasil tangkapan kamera kalian lebih stabil atau tidak goyang

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil
Koneksi Stabil dan Cepat - Source : PCMag.com

Ya, ini salah satu yang paling terpenting pada saat Virtual Photoshoot. Koneksi internet harus stabil agar pergerakan objek yang akan di foto lebih baik, dan kualitas gambar yang dihasilkan juga lebih jernih. Karena apabila koneksi tidak kuat atau tidak stabil, maka akan berpengaruh pada pengambilan foto yang berpotensi blur (kabur), ataupun pecah-pecah.

3. Gunakan Layar Laptop atau Komputer dengan tingkat ketajaman warna tinggi (Opsional)

Layar tajam dan jernih - Source : BenQ.com

Bagian ini hanya opsional ya! Jika kalian menggunakan layar laptop atau komputer dengan tingkat ketajaman warna tinggi akan lebih baik. Selain itu layar dengan resolusi tinggi juga akan membuat hasil foto terlihat lebih baik karena ukuran pixelnya semakin kecil. Saran dari kami, gunakan layar dengan tingkat sRGB diatas 90% untuk ketajaman warna yang baik, dan juga layar Full HD (1080p). Hal ini juga membantu kalian tidak perlu mengedit warna terlalu banyak. Sekali lagi, ini hanya opsional ya!

4. Editing dengan Kreativitas

Photo Editing - Source: adobe.com

Dalam proses editing, foto yang sudah diambil akan lebih baik jika warna nya disesuaikan. Misalnya, dalam tingkat kecerahannya, ketajaman warna, maupun saturasi warna. Karena pada beberapa keadaan, terkadang kamera webcam kurang mendapat cahaya yang baik dari ruangan, sehingga hasil foto terkadang pudar, bahkan gelap.

B. MODEL
Nah walaupun kita tidak bertatap muka, pemotretan virtual tetap memerlukan teknik-teknik untuk hasil yang maksimal ya. Yuk simak tips-tips saat melakukan virtual photoshoot

1. Pencahayaan dan Spot Foto yang Pas

Spot foto yang pas - Source: viewbug.com

Pastikan kamu sudah berkomunikasi dengan fotografer mengenai style, pencahayaan (lightning), dan spot foto yang menarik ya. Kamu bisa menggunakan ring light untuk menambah pencahayaan dan meletakkannya di posisi yang tepat.

2. Properti yang Sesuai

Properti yang sesuai - Source: https://gensindo.sindonews.com/

Kamu bisa menggunakan properti yang ada di rumahmu, seperti bunga, guci, tas, meja, kursi, cermin, dan sebagainya. Kamu tidak harus membeli properti lagi untuk photoshoot. Tentunya hasil fotomu akan tampak lebih menarik apalagi dibantu dengan teknik editing dari tim fotografer.

3. Pose dan Gaya Berpakaian

Pose keren - Source: instagram.com/hansoljang110

Last but still important. Pastikan kamu menggunakan pakaian sesuai dengan tema pemotretan ya. Kamu bisa mendiskusikan dengan fotograger dengan menggunakan pakaian yang ada di lemarimu tapi ingat jangan sampai pakaian yang kamu gunakan tidak sesuai dengan bentuk tubuhmu ya. Kalaupun tidak sesuai, kamu perlu mencari properti yang dapat menunjang penampilanmu biar tetap kece. Pastikan kamu berada di angle yang tepat ya.

Itu dia tips-tips buat kalian yang mau melakukan virtual photoshoot dari rumah untuk fotografer dan untuk modelnya juga. Hal ini bisa kalian modifikasi sesuai kondisi yang ada yah teman-teman. Untuk kalian yang pengen bertanya lebih boleh langsung comment di bawah atau bisa langsung bertanya lewat Instagram kami. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama