Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, Hadir RESMI! Jawaranya Smartphone?

#TALKNOLOGI
“Technology In Words”

Setelah Mi 10, dipertengahan tahun 2020 ini Xiaomi kembali merilis Smartphone mid-range andalannya yaitu Redmi Note Series. Kali ini yang kembali dihadirkan adalah penerus Redmi Note 8 Pro yaitu Redmi Note 9 Series. Redmi Note 9 ini terdiri dari 2 versi yaitu versi Note 9 biasa dan Note 9 Pro. Yuk kita cek apa saja spesifikasi dan perbedaannya!

1. Redmi Note 9

Redmi Note 9 dihadirkan sebagai penerus Redmi Note 8 yang dirilis tahun 2019. Dengan tagline JAWARANYA 48MP Quad Camera, Xiaomi ingin memikat hati konsumen dan MiFans dengan memberikan Smartphone kelas premium di harga yang terjangkau. Mari kita liat spesifikasinya!


HADIR DENGAN SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 PERTAMA DI INDONESIA
Xiaomi menggunakan MediaTek Helio G85 sebagai penerus Snapdragon 665 pada Redmi Note 8. Dengan fabrikasi 12nm, MediaTek Helio G85 ini di klaim hemat konsumsi daya namun dengan kecepatan yang tinggi dan stabil.



Adapun score benchmark  Antutu yang didapatkan Xiaomi Redmi Note 9 adalah berada di 200 ribuan, sekitar 19% lebih cepat dibanding terdahulunya yaitu Redmi Note 8 yang menggunakan Snapdragon 665.

Baterai ‘Bongsor’ di kelas Mid-Range Smartphone

Baterai yang diberikan tergolong cukup besar, bahkan terbesar diantara seri Redmi Note lain yaitu 5020mAh yang Xiaomi klaim mampu bertahan hingga 2 hari dengan penggunaan ringan.
Walau baterai yang diberikan berukuran besar, Xiaomi menyediakan Charger dengan output 18W langsung tersedia di dalam box.

Layar luas, dengan Dot-drop Display


Redmi Note 9 dibekali layar Full Screen Display sebesar 6.53 inci dengan resolusi Full HD+. Selain itu dibekali dengan sertifikasi TUV Rheinland yang artinya layar ini aman dari pantulan cahaya biru (Blue Light) yang menyebabkan mata cepat lelah saat dipandang.

4 Kamera, LENGKAP!

Redmi Note 9 di bekali dengan 4 lensa kamera. Masing-masing lensanya yaitu Lensa utama sebesar 48MP, Lensa Ultra-Wide Angle sebesar 8MP, Lensa Depth Sensor sebesar 2MP dan Lensa Makro sebesar 2MP.
Lensa utama 48MP merupakan lensa dengan fitur Pixel-bining  yang artinya lensa ini memiliki ukuran asli 12MP. Keuntungan lensa seperti ini, memiliki hasil low-light yang terbilang cukup baik.
Untuk lensa wide atau lebar, mampu mengambil foto hingga sudut 118 derajat yang dibilang cukup untuk mengambil foto lebar.
Lensa depth-sensor dibekali dengan bukaan lensa f/2.4 yang berguna untuk membantu pengambilan gambar portrait agar memiliki efek bokeh pada gambar.
Lensa makro berfungsi untuk pengambilan gambar secara dekat, biasanya digunakan untuk mengambil foto tumbuhan, buah dan lain-lain.

2. Redmi Note 9 Pro


Nah ini dia yang paling ditunggu kehadirannya di Indonesia. Kalau di Redmi Note 9 biasa menggunakan tagline JAWARANYA 48MP maka di Redmi Note 9 Pro ini hadir dengan tagline JAWARANYA 64MP Quad Camera. Hadir dengan spesifikasi yang sangat menarik dengan fitur yang berlimpah. Yuk kita lihat apa saja yang special dari Redmi Note 9 Pro ini.

SoC (System on Chip) baru dari Qualcomm, Ngebut!


Redmi Note 9 Pro dibekali SoC dari Qualcomm Snapdragon terbaru yaitu Snapdragon 720G. Dengan fabrikasi 8nm dan kecepatan clock CPU hingga 2.3 Ghz, SoC tidak hanya hemat daya tapi juga sangat cepat. Mau multitasking bisa, mau gaming bisa! Semua bisa dihajar dengan SoC ini tanpa kendala.


Dari segi pengolahan grafis, Snapdragon 720G dibekali GPU Adreno 618 bahkan di klaim sebagai Elite Gaming. Artinya untuk pengolahan grafis game, GPU (Graphic Processing Unit) ini sangat mumpuni. Baik dari segi kualitas visual maupun performa yang diberikan.

Bahkan Snapdragon 720G ini mampu mencapai skor benchmark Antutu sebesar 270 ribuan. Skor yang cukup tinggi melihat ini adalah Mid-range smartphone atau smartphone kelas menengah.

Desain Keceh! Beda dari yang lain!



Dibekali layar 6.67 inci dengan resolusi Full HD+ serta sertifikasi TUV Rheinland yang sama dengan Redmi Note 9 menjadi layar pada Redmi Note 9 Pro ini sangat baik. Selain itu dari segi bodi, layar di depan serta bodi belakang dilapisi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya lebih tahan dari goresan. Selain itu Fingerprint Sensor dipindahkan dari belakang menjadi disamping yang menyatu dengan tombol Power.

Baterai Besar, Tahan Lama, dan Pengisian Cepat. WOW!



Sama seperti Redmi Note 9, pada seri Pro ini juga dibekali dengan baterai sebesar 5020mAh. Yang berbeda dari segi kecepatan pengisian, Redmi Note 9 Pro dibekali dengan Fast Charging sebesar 30 Watt, yang lebih cepat dari Redmi Note 9 biasa yang hanya 18W.

KAMERA JOSS! TAJAM DENGAN BERBAGAI FITUR!



Sama seperti Redmi Note 9 biasa, Redmi Note 9 Pro di lengkapi 4 lensa. Lensa utama sebesar 64MP dengan bukaan lensa f/1.89. Lensa Ultra Wide-Angle sebesar 8MP yang mampu mengambil foto hingga 119 derajat. Lensa Makro berukuran 5MP dengan bukaan f/2.4, serta lensa depth sensor sebesar 2MP dengan bukaan f/2.4 .



Di Redmi Note 9 Pro ini banyak fitur yang ditawarkan layaknya smartphone kelas flagship. Seperti pada perekaman video, dilengkapi fitur seperti smooth video zoom yang menjadikan pengambilan video lebih halus saat melakukan zoom in dan zoom out. Ada juga Focus peaking, agar video terlihat lebih stabil, dan masih banyak lagi.


Tersedia juga fitur tambahan pada kamera, yaitu foto dengan mode RAW. Apa itu mode RAW? Kalau berdasarkan terjemahan Bahasa inggris, RAW artinya mentah, artinya saat mengambil foto, file yang dihasilkan belum melalui proses edit, kompres file yang berarti file yang ada sesuai dengan apa yang kita foto. Biasanya fitur ini tersedia di smartphone kelas flagship, dan di kamera DSLR, atau Mirrorless.

FITUR LENGKAP! NFC ADA!



Fitur di Redmi Note 9 Pro ini terbilang cukup lengkap, seperti tahan percikan, masih di lengkap Headphone jack serta sensor Infrared untuk remote kontrol. Bahkan fitur tambahan seperti 2x2 MIMO WiFi yang menjadikan koneksi WiFi lebih terjangkau luas serta stabil. Dan yang tak kalah menarik dan selalu di cari saat ini adalah NFC atau Near Field Communication yang saat ini berguna khususnya transaksi elektronik seperti e-money dan lain-lain.


HARGA TERJANGKAU!
Dengan seluruh kelebihan yang ditawarkan, berapa harga yang cocok untuk Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ini?


Untuk Redmi Note 9 biasa dengan varian RAM 4GB dan Internal 64GB dijual dengan harga Rp 2.399.000 dan untuk RAM 6GB serta Intel 128GB dijual dengan harga Rp 2.799.000. Harga yang cukup terjangkau melihat performa yang diberikan.



Untuk Redmi Note 9 Pro varian RAM 6GB dengan Internal 64GB dijual dengan harga Rp 3.399.000. Dan untuk varian RAM 8GB dan Internal 128GB di harga Rp 3.799.000

Melihat harga yang diberikan, Xiaomi nampaknya akan membuat brand kompetitor semakin pusing untuk menurunkan harga, karena bisa dikatakan harga yang diberikan ini sangat terjangkau di banding merk-merk kompetitor.

Namun dari semua kelebihan Redmi Note 9 series tetap memiliki kekurangan. Tapi kekurangan ini bisa dikatakan belum terlalu berdampak. Kekurangannya yaitu Refresh Rate layar masih 60Hz, apa artinya?

Dari kebanyakan smartphone saat ini, layar yang dibekali yaitu 60Hz, atau 60 FPS di dalam aplikasi, nah bagaimana kalau Refresh Rate layar naik? Misalnya 90 Hz atau 120Hz, tentu aplikasi atau game yang dijalankan akan lebih mulus. Karena jika dibandingkan dengan kompetitor seperti Realme sudah menyajikan layar 90Hz di smartphone mid-end mereka.

Namun jika kalian tidak terlalu mementingkan hal tersebut, maka Redmi Note 9 series ini bisa jadi pilihan yang baik.

So, itu dia penjelasan kami mengenai smartphone terbaru dari Xiaomi yaitu Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan malu untuk bertanya di kolom komentar atau bisa hubungi kami melalui instagram ya. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama