Sudah Siap Untuk New Normal? Pastikan Ini Selalu Lengket Sama Kamu Ya!

#SMARTLEARNER #JIWAMUDA

Memulai Normal Baru - Picture : webmd.com
New Normal. Yupp topik ini lagi ramai banget dibahas dimana-mana. Kita sudah mulai bisa beraktivitas di luar rumah seperti semulai dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan kebersihan. Hal itu sudah menjadi sebagian dari gaya hidup baru kita. So, yakin kamu udah siap untuk new normal? Sebelum itu, kamu harus perhatikan beberapa panduan dan "senjata" untuk menjalani gaya hidup barumu yaa.

1. Tetap Melakukan Physical Distancing
Physical Distancing - kompas.com

Memang benar kalau kita sudah bisa beraktivitas di luar rumah. Tapi, kita harus tetap menjaga jarak teman-teman. Pastiin itu jadi kebiasaan kita semua kedepannya. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kita harus menjaga jarak minimal 1-2 meter. Ingat ya!

2. Pelindung Diri (Masker, Kacamata, Topi, dan lain-lain)

Memakai masker - okezone.com

Selain melakukan physical distancing, pastikan kalian memiliki "alat perang" yang lengkap guys. Contohnya kita harus tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, menggunakan kacamata untuk melindungi daerah mata kita agar tidak terkena cairan yang kotor, debu, atau yang lainnya, menggunakan baju berlengan panjang, dan kamu juga bisa menggunakan face shield untuk perlindungan yang lebih maksimal. Tapi ingat, kalian gak perlu pakai APD kok karna itu buat tenaga medis. Nah, selain melindungi diri, barang-barang itu bisa bikin kalian tampil makin kece lohh.

3. Jangan Sembarangan Megang Barang
Memegang barang - hype.grid.id

Harus kita ingat, kalau tidak penting mending gak usah kita pegang. Apalagi saat kita menjalani gaya hidup baru seperti ini, kita akan menggunakan beberapa fasilitas umum, seperti lift, tangga, gagang pintu, meja, dan lainnya. Kalau bisa, kita mengurangi itu ya karena virus bisa saja datang lewat hal yang tidak kita duga. Biasain diri untuk tidak megang muka sembarangan yaa!

4. Cuci Tangan Secara Rutin

Mencuci tangan - ShutterStock

Ini juga penting banget teman-teman. Kebiasaan ini harus kitia pertahankan seterusnya untuk kebaikan bersama. Seperti yang kita ketahui, tangan itu bisa menjadi media penyebaran bakteri dan virus yang paling cepat apalagi kalau kita sering memegang barang seperti di fasilitas umum. Kita kan gak bisa jamin barang-barang itu steril alias bebas dari virus dan bakteri. Itu dia pentingnya cuci tangan karena dengan rajin mencuci tangan, kita bisa mencegah bakteri dan virus yang akan masuk ke dalam tubuh. Cuci tangannya pakai sabun dan dengan cara yang benar yaa.

5. Sedia Hand Sanitizer

Menggunakan hand sanitizer - iStock

Ini nih "senjata" paling penting buat kita sekarang ini. Kadang, setelah menyentuh barang atau melakukan suatu hal kita lupa untuk pergi mencuci tangan. Maka dari itu penting sekali untuk selalu membawa hand sanitizer di tas atau di saku kita untuk membersihkan tangan saat kita lupa mencuci tangan atau sedang tidak ada air dan sabun.

5 hal di atas penting banget untuk kita terapkan di keseharian kita ya. Mungkin awalnya terasa nggak nyaman apalagi soal penggunaan barang yang melekat pada diri kita, seperti masker dan baju yang kita pakai. Tapi kembali lagi, ini perlu kita lakukan supaya kita bisa menghindari virus ini. Stay safe dan stay healthy ya. See you! 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama