Gini Nih Cara Supaya HP Kentang Tetap Gesit Meski Spesifikasi Seadanya!

#TALKNOLOGI #SMARTLEARNER

Smartphone "kentang" - gsm-support.co.uk

Belakangan ini emang lagi banyaknya istilah "kentang" termasuk istilah "hape kentang". Menurut para pengamat gadget, ponsel tersebut biasanya memiliki spesifikasi entry-level, seperti RAM 2GB atau kurang dari itu, serta penyimpanan internal 8GB. Walaupun begitu, bukan berarti "hape kentang" tidak layak dibeli atau tidak bisa dipakai dengan normal seperti HP lainnya yaa.

Ponsel dengan julukan "kentang" tetap bisa dipakai dengan nyaman layaknya smartphone kekinian kok. Tapi, kalian harus memerhatikan beberapa hal khususnya dalam pemakaian aplikasi. Yuk ikutin tips super mudah dan simpel dari mimin! 

1. Tidak Memasang Banyak Aplikasi

Ilustrasi Banyak Aplikasi - psafe.com

Maksudnya kak? Nih aku kasih tau contohnya ya. Misalnya kamu menggunakan aplikasi chat seperti Whatsapp. Pemilik "hape kentang" dianjurkan untuk tidak masuk ke dalam banyak grup di aplikasi tersebut. Kamu juga harus rajin hapus gambar, foto, video, ataupun histori chat yang sudah tidak penting. Selain menghapus chat yang sudah tidak penting, sangat disarankan untuk merhatiin apa saja aplikasi yang terpasang di perangkat HP kamu ya. Untuk apa kak? Itu biar ada ruang "bernapas" untuk ponsel kamu biar gak sesak.
Sebaiknya, kamu memasang aplikasi atau game yang memang kamu pakai / butuhkan. Untuk aplikasi game sendiri, pastikan aplikasi itu tidak memakan memori yang banyak dan memang kuat berjalan di ponsel kamu alias bukan game "berat". Jangan paksain mendownload game berat di HP mu ya.

2. Rajin Membersihkan Memori Smartphone

Membersihkan sampah di memori smartphone - cavarii.blogspot.com

Selain memilah aplikasi apa saja yang bisa dipasang, kamu juga harus membiasakan diri untuk membersihkan media penyimpanan dan RAM (Random Access Memory) ponsel. Itu penting banget biar ponselmu tetap nyaman dipakai dan tetap maksimal menjalankan beragam aplikasi.
Untuk membersihkan ponsel dari beragam file yang tidak berguna, kamu bisa langsung pergi ke menu "setting" di masing-masing ponselmu atau menggunakan aplikasi pembersih bawaan. Kamu juga bisa memasang aplikasi pembersih pihak ketiga yang bisa di download secara gratis di Google Play Store, seperti CCleaner, AVG Cleaner, Files Go, Phone Cleaner, Clean Master, dan lain-lain.

Gimana? Gak susah kan. Udah gak perlu ganti HP, gak keluar duit, tapi HP tetap bisa berfungsi maksimal. Kalian bisa langsung aja praktekin yaaa. Untuk kalian yang pengen request artikel, kasih saran ataupun kritik boleh langsung komen di bawah atau hubungi kamu langsung lewat Instagram. Dibales kok. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama