6 Kuliner Tradisional Indonesia yang Sudah Sulit Didapatkan


#JEJAKAKI
"Travel The World With Style"

Kuliner merupakan salah satu daya tarik utama di sebuah destinasi wisata. Akan lebih menarik lagi kalau berbagai macam makanan yang disajikan adalah kuliner tradisional yang khas dari daerah yang dikunjungi. Apalagi kalau kuliner tradisional tersebut hanya bisa dijumpai di temoat asalnya, mungkin ada yang menyediakannya di tempat lain tapi tentu saja rasanya tak akan sama. Jadi, apa aja sih kuliner tradisional di Indonesia yang sudah mulai jarang alias sulit dijumpai? Yuk kita cari tahu!

1. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang - pergiyuk.com

Minuman satu ini merupakan minuman khas Betawi yang merupakan perpaduan kue kenyal berwarna-warni yang disajikan dengan kuah santan dan gula merah yang sudah dicairkan. Minuman satu ini benar-benar khas dengan rasanya yang manis, menyegarkan, dan mengenyangkan. Bikin ngiler aja nih wkwk.

2. Bubur Kampiun

Bubur Kampiun - resepkoki.id

Nahh kalau yang satu ini merupakan makanan khas Bukittinggi, Sumatera Barat. Di hidangan ini, terdapat beberapa elemen seperti candil (mirip seperti makanan bernama biji salak), bubur sumsum, kacang hijau, kolak pisang, kolak ubi, ketan, dan kolang-kaling. Cara menghidangkannya cukup simpel guys, kamu cukup menyiram semua elemen yang tadi dengan kuah santan yang sudah dicampur gula merah. Lezat banget yaa!

3. Kicak

Kicak - resepdanmasakan.com

Kicak ini merupakan salah satu kuliner wajib di bulan Ramadan bagi warga Yogyakarta. Kamu bisa menemukannya di bebrrapa tempat seperti Pasar Sore Ramadan Kampung Kauman. Hidangan yang satu ini terbuat dari nasi ketan yang sudah ditumbuk halus, dicampur dengan gula, parutan kelapa, santan, daun pandan, dan potongan buah nangka sebagai pelengkap. Rasa manis dan gurihnya emang bener-bener pas untuk jadi hidangan berbuka puasa ya.

4. Kanji Rumbi

Kanji Rumbi - eljohnnews.com

Bubur khas Aceh ini benar-benar kaya rasa dan sangat sulit ditemukan di luar Aceh. Bahan utamanya adalah beras yang dicampur dengan sayuran dan bumbu rempah-rempah, antara lain wortel, kunyit, jahe, bawang, daun sop, santan kelapa, daun pandan, dan serai. Kaya rempah banget temen-temen.

5. Ketan Bintul

Ketan Bintul - travel.tribunnews.com

Cemilan khas Serang, Banten, ini berbahan dasar nasi ketan yang disajikan dengan taburan serundeng (parutan kelapa yang digoreng) dan kuah rendang daging sapi. Konon katanya, makanan ini adalah hidangan kesukaan para raja Banten. Rasanya yang gurih ini bisa banget dijadiin alternatif untuk mengisi perut kosong.

6. Asida

Asida - radiodms.com

Nah kalau yang satu ini merupakan kudapan khas Maluku. Asida merupakan hidangan yang tampilannya menyerupai bola berwarna kecoklatan. Takjil ini terbuat dari adonan terigu dan air yang kemudian dibentuk menyerupai bola. Warna cokelatnya sendiri terbentuk dari saringan air gula merah, kayu manis bubuk, pandan, dan kapulaga. Menggiurkan banget yahh.

Nahh gimana guys, udah ngiler belum? Kalau mimin sih jadi pengen cepet-cepet cari hidangan itu. Gak sabar banget pengen cobain. Segitu aja yaa untuk hari ini, kalau ada yang pengen kasih saran boleh banget lohh. Langsung aja komen di bawah atau boleh hubungin kami lewat Instagram yaa. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama