Pengen Beriklan di Google AdWords / Google Ads? Baca Ini Dulu!

#TALKNOLOGI #SMARTLEARNER #JIWAMUDA


"Apa sih Google AdWords itu?" Ada banyak pertanyaan seperti muncul. Google AdWords atau yang sering kita dengar dengan sebutan Google Ads adalah platform periklanan dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita termasuk penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb. Emang bener kalau platform ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk ngiklan asal kalian memahami dengan baik apa saja fitur dan kelebihannya.
AdWords memungkinkan kamu untuk menargetkan calon pelanggan berdasarkan keyword, topik, lokasi, hingga waktu. Kamu bisa memulainya sesuai dengan budget pemasaranmu kok. Anggaran dan biaya Google AdWords adalah topik yang paling sering diajukan belakangan ini. Yuk kita bahas sama-sama!


"Berapa Jenis Biaya Iklan Google Ads?"
Berdasarkan Sistem Dasar.
1. Cost per Click CPC (Biaya per Klik)
Biaya ini harus kamu bayar saat iklanmu diklik untuk menuju situs kamu. Ini juga berlaku di Google Search dan Google Display ya.
2. Cost per Mile CPM (Biaya per 1000 Tampilan)
Biaya ini dibebankan kepada pengiklan saat iklan yang ditampilkan dalam layar pengunjung. Sistem ini juga berlaku dalam kanal Google Display ya guys.
3. Cost per View CPV (Biaya per Tonton)
Biaya ini dibebankan ke pengiklan saat iklan video ditonton / dilihat selama minimal 30 detik atau saat iklan selesai.
Berdasarkan Formula dan Fungsi.
• Cost per Conversion (Biaya per Konversi)
Yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan biaya akusisi (Cost per Acquisition / CPA). Ini merupakan biaya yang harus kamu bayar untuk mendapatkan 1 konversi / goal.

Dalam beriklan, kamu akan bertemu dengan istliah ROAS (Return On Ads Spend), yaitu fokus beriklan yang dibandingkan antara biaya iklan dengan pendapatan kotor. ROAS ini lebih mudah untuk diukur daripada perhitungan dengan pendekatan ROI (Return On Investment) karena perhitungan ROI melibatkan modal kerja dan harga bahan baku produk. Target ROAS merupakan salah satu target pembiayaan yang bisa kamu gunakan debgan Machine Learning di Google Ads.


"Berapa Anggaran Iklan untuk Beriklan di Google Ads?"
Google pada dasarnya membebaskan pengiklannya untuk beriklan dengan anggaran berapapun. Kamu bisa beriklan mulai dari 100 ribu sampai 100 juta bahkan lebih. Platform Google sangat terbuka untuk segala bisnis baik bisnis mikro hingga makro. Dalam beriklan ini ada beberapa hal yang perlu kamu ingat yaa
1. Iklanmu Tidak Akan Langsung Optimal di Hari Pertama.
Butuh waktu yang cukup untuk mengoptimalkan iklan. Di bulan awal, biasanya merupakan waktu dimana kamu akan melakukan begitu banyak percobaan iklan dengan macamacam target. Dengan biaya yang sedikit otomatis percobaan iklan yang dilakukan juga akan sangat terbatas.
2. Mesin Pintar Google Membutuhkan Banyak Data Agar Optimal.
Google memiliki mesin pintar yang sangat canggih dan itu akan berjalan saat data yang diproses cukup banyak. Sayangnya kalau dana beriklan kamu sangat terbatas, fungsi canggih ini tidak akan bisa berjalan dengan optimal.

"Gimana Tips Penentuan Anggaran Iklan Awal yang Baik?"
~ Tentukan biaya pemasaran regular kamu. Gunakan 30-50% darinya pada periklanan Google
ATAU
~ Gunakan anggaran 5 juta rupiah sebagai biaya awal periklanan kamu.

"Gimana Cara Mengontrol Anggaran Iklan Google Ads?"
Banyak banget lho fitur yang bisa mengontrol penggunaan anggaran iklan kamu di Google Ads.
1. Anggaran Harian
Kamu bisa menetapkan maksimum biaya harian untuk iklan kamu. Namun, pada kenyataannya Google bisa menaikkan anggaran harian itu secara otomatis hingga 2 kali lipat tapi kalau dihitung dalam 1 bulan, anggaran harian kamu akan sesuai dengan angka yang kamu tetapkan di awal.
2. Beriklan Berdasarkan Waktu Tertentu (Ads Scheduling)
Kamu bisa mengatur pada jam berapa iklan kamu akan tayang untuk optimasi anggaran kamu kok.
3. Beriklan Berdasarkan Device / Perangkat Tertentu.
Contohnya, kamu bisa beriklan pada Dekstop saja, Tablet saja, Smartphone saja, atau bahkan mengkombinasikan ketiganya. Bahkan kamu bisa membuat bid yang berbeda di setiap perangkat lhoo.

Sebagai pengguna iklan Google, kamu harus bisa menentuman berapa biaya Iklan agar cukup untuk memberi kamu keuntungan yang sesuai karena jika kamu memasang penawaran yang terlalu rendah, secara keseluruhan iklanmu akan dianggap memiliki ranking iklan (Ad Rank) yang rendah juga. Ingat! Hal terbaik dalam beriklan bukanlah iklan yang murah, tetapi iklan yang mampu menghasilkan dampak finansial pada bisnismu.
Demikian penjelasan kami seputar Google Ads. Kalau kamu ingin bertanya lebih jauh, boleh banget hubungi kami lewat Instagram atau langsung comment di bawah ya. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama