Strategi Ampuh Biar Bisnis Kamu Tetap Eksis Di Era Digital!

#SMARTLEARNER  #TALKNOLOGI

Digital Marketing - northcoastcourier.co.za


Era digital telah menandai terbukanya pintu perdagangan antarnegara di dunia yang menjadu tidak terbatas lagi. Hal itu membuat kamu sebagai pengusaha memiliki peluang yang semakin besar untuk mengembangkan bisnis kamu. Sejalan dengan itu artinya jumlah pesaing kamu juga akan bertambah. Strategi bisnis merupakan hal penting yang WAJIB kamu miliki agar tetap kokoh bersaing di era ini.

Namun pada kenyataannya, tidak semua pelaku usaha memahami perubahan ini terutama bagi sebagian pelaku usaha konvensional. Itu membuat mereka mengalami penurunan omzet yang cukup drastis. Gak pengen merugi kan? So, yuk kita bahas sama-sama hal yang harus kamu terapkan biar usahamu tetap matang untuk bersaing dan terus berkembang mengikuti era digital ini.

1. Memanfaatkan Teknologi

Memanfaatkan teknologi - fowmedia.com


"
Era digital". Kalimat itu tak pernah lepas dari kata "Teknologi" dan itu sudah cukup menyadarkan kita bahwa WAJIB halnya untuk memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam strategi bisnis kamu. Di zaman modern ini semua orang akan saling berlomba-lomba untuk menguasai dunia digital ini.

Teknologi dibuat untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia bukannya mempersulit yaa. Misalnya, kamu bisa melakukan kegiatan pemasaran dan memanfaatkan internet atau membuat pembukuan melalui komputer dan masih banyak hal positif lainnya.

2. Menggunakan Sosial Media

Social Media - threegirlsmedia.com


Di Indonesia sendiri, kita memiliki banyak pengguna sosial di media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Line, dan sebagainya. Itu berarti social media merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan alat dalam strategi bisnis. Gak diperlukan keahlian khusus lho untuk menggunakan media ini. Cukup dengan memanfaatkan semua fitur yang disediakan biar kamu makin leluasa membuat konten yang menarik. Easy dong ya?

3. Gunakan Digital Marketing

Digital Marketing - elitemarketer.id


Selain lewat social media, kamu juga bisa menerapkan digital marketing. Digital marketing sendiri merupakan usaha untuk mempromosikan sebuah merek menggunakan media digital yang mampu menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Kalau kamu belum mahir, kamu bisa menggunakan jasa perusahaan e-commerce yang menjual jasa digital agency yang akan sangat membantu bisnis kamu. Kamu gak perlu pusing lagi deh tapi harus siap keluarin duit yah. Beberapa teknik marketing seperti Search Egine Optimization (SEO), billboard eletronik, iklan televisi, radio, email marketing, dll.

4. Mobile Friendly

Mobile Friendly Web - talk-business.co.uk


Semakin kesini, kamu akan menyadari tingginya jumlah pengguna smartphone dan gadget yang membuat kamu perlu menyesuaikan teknik pemasaran dengan tampilan yang mobile friendly untuk menarik lebih banyak orang yang melihat toko online kamu. Untuk itu, website yang kamu buat harus didesain sesuai dengan smartphone milik banyak orang. Pastikan informasi dalam websitemu selalu up-to-date, menarik, dan selalu fresh.

5. Manfaatkan Content Marketing

Strategi Konten Marketing - visual.ly


Inovasi yang satu ini merupakan bagian penting yang harus kamu miliki dalam agar bisnismu terus maju ke depan. Pastikan kamu membuat produk atau jada yang istimewa dan berbeda dari yang lain. Inovasi ini memang tidak mudah, tapi kalau kamu melalui proses yang baik dan benar apapun dapat kamu capai kok.

Selamat mencoba ya! Jangan lupa untuk selalu berikan pelayanan terbaikmu dan selalu perhatikan kondisi bisnismu secara keseluruhan. Tetap semangat yaa. See you!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama