Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi COVID-19

#SMARTLEARNER #JIWAMUDA

Mengatur Keuangan - finsy.co.id

Di masa kayak gini, pengaturan keuangan kita tentu harus benar-benar bijak. David Crawford dari National Westminster Bank, Inggris mengatakan, persoalan keuangan di tengah masa pandemi tidak bisa kita anggap remeh karena kondisinya sangat berbeda dengan kondisi normal. "Ini adalah masa yang tidak pasti, banyak orang yang khawatir akan terkena dampak finansial ketika krisis global ini berlanjut. Dengan menerapkan langkah-langkah kecil finansial, itu bisa menjadi cara aman dalam beberapa waktu ke depan," kata Crawford.
Keuangan kita dapat dikatakan sehat kalau masih ada dana untuk kebutuhan sehari-hari serta masih ada dana yang digunakan untuk menabung. Nah untuk menjaga dan mengatur kondisi finansial kita di tengah pandemi ini, yuk simak tips-tipsnya!

1. Tinjau Pemasukan dan Pengeluaranmu

Pemasukan dan Pengeluaran - board.budgetbakers.com

Hal ini merupakan hal yang sangat penting agar kita mengetahui realitas keuangan yang kita miliki. Periksa baik-baik saldo yang kamu miliki dan catat perkiraan jumlah pemasukan dan pengeluaranmu beberapa bulan ke depan. Itu termasuk ke biaya hidup, seperti makan dan kebutuhan seperti biaya tempat tinggal, tagihan-tagihan dari bulan sebelumnya, dan pengeluaran tak terduga.
"Gunakan waktu untuk meninjau debet langsung dan pembayaran berulang untuk melihat apakah ada keran pengeluaran yang bisa diimprovisasi (agar lebih efisien), kata Crawford.

2. Buat Rancangan Anggaran

Rancangan Anggaran - pengadaanbarang.co.id

Nah, kalau selama ini keadaan finansialmu oke-oke aja mungkin pandemi ini dapat memengaruhinya. Ini adalah kondisi yang mengharuskan kita untuk memperhitungkan segala sesuatu dan merincikan APA, BERAPA, dan UNTUK APA dana yang akan kita keluarkan nantinya.
Sangat penting agar kita tetap realistis dalam beberapa waktu ke depan karena kondisi yang sama sekali tidak pasti ini. "Penting untuk memperlakukan anggaran sebagai panduan. Itu akan berfungsi jika terasa realistis dengan keadaan. Dan anggaran dapat disesuaikan sekali lagi dengan keadaan yang dialami saat itu juga," ucap Crawford.

3. Buat Skala Prioritas

Skala Prioritas - christianquestions.com

Penting banget untuk memiliki skala prioritas. Kamu harus benar-benar teliti dan memperhatikan mana barang yang dibutuhkan dan mana barang yang hanya diinginkan. Pertimbangin matang-matang apakah hal tersebut penting atau hanya sekedar ingin. Di saat seperti ini sebaiknya kita menjauhi barang yang hanya bersifat konsumtif.

4. Tetap Menabung

Menabung - lifepal.co.id

Saat kondisi seperti ini, akan banyak pengeluaran yang tidak terduga. Tetapi sebisa mungkin kita tetap menabung agar dapat digunakan untuk ke depannya. "Apakah masuk akal bagi Anda untuk menabung atau tidak, tergantung pada keadaan keuangan masing-masing. Tapi secara umum, disarankan untuk menyimpang tabungan untuk membayar tagihan atau hal tak terduga yang mungkin dihadapi," ujar Crawford.
Kita harus memiliki tujuan saat menabung. Hal ini secara tidak langsung bisa mendorong seseorang untuk lebih menghemat dan memilih untuk menabung karena ia mengetahui dan memiliki sebuah tujuan yang ingin dicapai.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Penghasilan Tambahan - ShutterStock.com

Hal ini disarankan banget untuk kita semua. Banyak hal yang bisa kita lakuin untuk menambah penghasilan kita lhoo. Kita bisa berjualan makanan, minuman, atau sebuah barang secara online atau ke teman-teman terdekat kita. Kita juga dapat mendapatkan oenghasilan tambahan dengan mengembangkan hobi, seperti menulis, menjahit, bermain game online, dan banyak hal lainnya. Itu balik lagi dari diri kita masing-masing yaa, apakah kita mau atau tidak. Make Your Own Choice!

Tips di atas bisa banget kalian terapkan untuk menjaga kondisi finansial kalian dan keluarga. Kalian bisa mengikutinya atau boleh juga menambahkan sesuai dengan cara kamu sendiri. Kalau ada yang pengen nambahin saran, bertanya, atau bahkan ide untuk artikel selanjutnya boleh banget kokk. Langsung komen di bawah aja atau kalian bisa langsung hubungin kami lewat Instagram. See you!

4 Komentar

  1. Balasan
    1. Haii terima kasih ya sudah berkunjung! :D

      Hapus
  2. Mantab tips nya gan 👍

    Mampir gan kemari ya https://kabarinformasiaktual.blogspot.com/2020/07/9-metode-alami-menurunkan-berat-badan.html?m=1

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama