Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak Gimana?

#TALKNOLOGI #SMARTLEARNER


Saat ini, segala macam aplikasi bisa menjadi sasaran pembajakan oleh orang yang tidak dikenal. Salah satunya adalah aplikasi WhatsApp (WA). Hal itu tentunya membuat kita menjadi khawatir karena informasi pribadi dan isi-isi chat bisa saja bocor.

Pembajakan atau penyadapan adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara mengambil hak orang lain, misalnya percakapan di akun WA yang katanya hanya bisa diketahui oleh pengguna ternyata bisa juga dilihat oleh orang lain.

Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak.

1. Tiba-Tiba Akun Keluar

WhatsApp Messenger - tekno.kompas.com

Akun WA yang keluar atau log out dari HP secara tiba-tiba bisa saja menjadi tanda utama bahwa akunmu sedang dibajak. Karena akun WA tidak bisa digunakan di dua HP secara bersamaan. Selain itu, tanda ini juga dibarengi dengan kamu menerima kode OTP (One Time Password) melalui SMS secara tiba-tiba. Karena untuk masuk atau log in ke akun WA, seseorang harus menggunakan kode OTP.

Baca juga : Cara Mengamankan Akun Whastapp Ada Disini!

2. Mendapat Pesan Asing

WhatsApp Notification - nakedsecurity.sophos.com

Kamu mendapatkan pesan asing yang terkirim padahal kamu tidak mengetahui apapun mengenai pesan itu.

3. Pesan Terbaca

WhatsApp Tick - digitalperiod.com

Tanda centang dua biru pada WA bisa saja menjadi tanda bahwa WA milikmu sedang dibajak dari jarak jauh. Kamu harus memerhatikan dengan seksama bila ada pesan yang belum terbaca tetapi sudah memiliki tanda centang dua berwarna biru.

4. Online Dengan Sendirinya

WhatsApp Online - id.wikihow.com

Bila akun WAmu menunjukkan tanda online padahal kamu sedang tidak aktif, bisa saja itu salah satu pertanda bahwa WAmu sedang dibajak. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengecek kontakmu sendiri lewat HP orang lain apakah tengah online atau tidak.

5. WhatsApp Web Aktif Tiba-Tiba

WA Web yang aktif secara tiba-tiba juga bisa menjadi tanda akunmu sedang dibajak. Untuk mengeceknya kamu cukup klik ikon 3 titik di bagian kanan atas akun WA lalu pilih WhatsApp Web. Disana akan terlihat informasi dinana saja akunmu sedang aktif. Bila kamu merasa tidak aktif menggunakan WA Web, segera klik log out atau keluar.

Selain itu, jika baterai HP cepat habis atau boros, terdengar suara bising jika sedang menelpon, hingga penggunaan paket data yang berlebih tanpa keterangan apapun bisa saja menjadi pertanda lain bahwa akunmu sedang dibajak lhoo.

Tungguin untuk artikel selanjutnya mengenai "Cara Mengembalikan Akun yang Dibajak" yaa. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama