Cara Membentuk Pola Pikir Untuk Hidup yang Lebih Berkualitas Versi MACEFS!

#JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"

Hidup yang berkualitas adalah dambaan setiap manusia. Ada begitu banyak cara untuk membuat hidup kamu menjadi lebih berkualitas tetapi seringkali kita takut untuk membuat perubahan dalam diri sendiri walaupun menyadari bahwa itu merupakan hal yang positif. "Masa depanmu ditentukan dari apa yang kamu lakukan hari ini".

Tidak ada salahnya kan untuk selalu belajar dan memperbaiki diri? Dan MACEFS sudah merangkum beberapa solusi untuk kamu lakukan ataupun bagikan kepada teman-teman disekitarmu. Disimak baik-baik yaa!

1. Berpikir Positif

Ilustrasi berpikir positif - medium.com


Harus diakui, dalam hidup kita pasti mengalami masa-masa sulit. Masalah yang datangnya tidak pernah diduga dan rasanya bertubi-tubi. Rasanya sulit untuk menahan semuanya dan tetap mempertahankan pikiran positif dalam hidup ini. Tapi ketahuilah semua orang juga mengalami itu. Bentuknya saja yang tak sama.

Berpikiran positif mampu membawamu ke hal besar yang tak terduga, salah satunya memberiman ketenangan dalam hatimu. Pikiran itu pula yang akan menjadikanmu lebih kuat dalam bertahan di segala kondisi. Teruslah berpikiran positif maka hal-hal positif akan mendatangimu pula!

2. Ciptakan Lingkunganmu

Ilustrasi menciptakan lingkungan - siapbaca.com

Untuk mendapatkan sesuatu yang  seimbang, kamu harus bisa memilih lingkungan mana yang mendukung cita-cita dan target hidupmu. Lingkungan yang harus kamu cari adalah lingkungan yang membawa dampak positif, seperti lingkungan yang lebih terdidik, lebih memotivasi dan menginspirasi kehidupanmu. Tinggalkan lingkungan yang membawamu ke arah yang negatif.

Kalau kamu belum mendapatkan lingkungan yang kamu inginkan, CIPTAKAN!

3. Berani Gagal

Ilustrasi berani gagal - KoinWorks.com

Terdengar klise kan? Tapi inilah kenyataannya. Kebanyakan orang hanya memahami atau bahkan hanya mendengar / membaca teori ini tetapi tidak diterapkan secara langsung dalam kehidupannya. Tidak ada orang yang ingin mengalami kegagalan apalagi disertai dengan risiko yang sangat buruk.

Tapi kegagalan inilah yang membawa pola pikir kita semakin berkembang dengan pesat dan menbawamu semakin dekat kesuksesan sesungguhnya. Terus berjuang dan memberikan yang terbaik, terus belajar untuk menghindari lubang yang pernah menjatuhkanmu ke dalamnya. Ingat! "Orang yang berani mengambil risiko tertinggi lah yang tidak pernah menyerah menghadapi kegagalan, mereka lah yang akan menikmati kesuksesan itu".

4. Cintai Dirimu

Mencintai diri sendiri - lifestylechoices.net

Ini bukan iklan, ini adalah salah satu hal terpenting pada bagian ini. Dengan mencintai diri sendiri, akan banyak perubahan yang kamu bawa, di antaranya rasa bersyukur, pantang menyerah, komitmen, jiwa pejuang, dan pemikiran yang lebih terbuka. Mulailah mencintai dirimu sedini mungkin. Hargai dirimu dan tetaplah menjadi dirimu sendiri.

5. Konsisten dan Sabar

Konsisten adalah kunci - alona.co.id

Emosi memang sulit dikontrol. Tapi jika kamu bisa mengendalikan diri sebaik mungkin, mengatur emosi secerdas mungkin, maka hidupmu akan lebih berkualitas. Saat menyesali sesuatu, jangan pernah terbawa emosi apalagi sampai merugikan orang lain. Konsisten terhadap suatu hal akan membuat kamu melek terhadap hal yang perlu diprioritaskan dan mana hal yang tidak penting untuk diprioritaskan. Teruslah bersabar, berusaha, dan konsisten maka hasil akhirmu tidak akan pernah mengkhianatimu.

6. Belajar Seumur Hidup

Tidak berhenti belajar - pustakamu.id

Teruslah belajar. Jangan pernah berhenti melakukan hal penting ini. Tidak hanya tentang belajar di sekolah, ini tentang mempelajari berbagai aspek hidup dan mengelola kualitas hidup. Semakin banyak ilmu yang kamu miliki, semakin berkualitas pula hidupmu.

Jika belum mendapatkan apa yang kamu mau, teruslah berusaha dan menjadikan dirimu lebih baik maka bumu akan meningkatkan derajatmu pula. Tetap semangat yaa. See you!

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama