Kamu Orangnya Gengsian? Coba Lakukan Ini!

#JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"


Gengsi itu memang wajar tapi kalau keterlaluan kan gak baik juga. Apalagi kita ini hidup bersama orang lain. Namanya juga makhluk sosial. Kalau gengsinya kelewatan kan susah juga. Mengumpulkan niat biar gak gengsian itu tidak mudah tapi yang lebih sulit lagi adalah mempertahankan konsistensinya. 

Kalau kamu sudah memilliki niat tapi tidak tahu mau mulai darimana, mungkin tips ini bisa membantumu. 

1. Be Yourself

Jadilah diri sendiri - www.success.com

Seperti pada artikel sebelumnya, gengsi jelas banget hanya menyiksa diri kita. Gengsi membuat kita TERPAKSA selalu tampil sempurna dihadapan orang dan seringkali itu membuat kita kehilangan jati diri. Gengsi membuat kita tidak memiliki ruang untuk menjadi diri sendiri karena selalu ingin tampil "wow". Tapi tau gak sih kalau semua itu tidak akan berhenti dan tidak akan membuatmu bahagia. 

So pesan mimin, mending jadi dirimu sendiri. Kalau kami ingin tampil sempurna hanya karena kata orang atau karena gengsi yang tinggi itu sangat salah. Mending cepat-cepat diubah deh.

2. Lingkungan Pergaulan

Pertemanan - dayensobarna.wordpress.com

Ini bisa jadi salah satu faktor yang membuat seseorang semakin bangga terhadap gengsi yang dimiliki. Lingkungan pergaulan yang buruk menjadikan seseorang semakin "bertumbuh" dalam dunianya yang memprioritaskan si GENGSI itu. 

Kalau kamu melihat lingkungan pergaulanmu hanya berfokus pada "OURSELF" atau bahkan setiap orang di dalamnya hanya mementingkan dirinya sendiri dan kalian sama-sama berlomba untuk menjadi yang paling sempurna (dalam konteks yang tidak baik), mendingan kamu keluar dari lingkungan itu. Itu membuatmu semakin meninggikan gengsi dan keegoisan. Selain merusak diri sendiri, kamu juga semakin merugikan orang lain lho.

3. Jangan Ikut-Ikutan

Ilustrasi orang ikut-ikutan - kaskus.co.id

Memang keren sih kalau bisa ngikutin trend tapi bukan berarti semuanya harus mengikuti orang. Harus disaring dulu mana yang bisa diikuti dan mana yang tidak. Ada beberapa hal yang kalau diikuti yang ada malah membuat sifat-sifat buruk seperti gengsi dalam diri kita semakin menjadi-jadi dan membuat kita kehilangan pikiran positif. Semua orang di dunia ini diciptakan berbeda-beda dan tidak ada yang sempurna. Kalau kamu mau ikut-ikutan dan menolak menjadi diri sendiri, itu bukan keputusan yang benar.

4. Stop Berkeras Kepala

Keras kepala seperti batu - liputan6.com

Keras kepala cuma membuat kita menutup diri dari pandangan lain selain pandangan sendiri. Selalu merasa yang paling benar dan hanya ingin menang sendiri. Semakin gengsi untuk merendahkan diri padahal itu merupakan kepentingan bersama.

5. T-M-TK

3 kata ajaib - sdmujahidin-wns.sch.id

Tolong - Maaf - Terima Kasih. Yuk sama-sama belajar mengucapkan itu. Lunakkan hati dan berhenti bersikap keras kepala. Stop pelihara gengsi dalam dirimu karena itu sama sekali tidak bermanfaat. 

See you!

2 Komentar

  1. Banyak lho orang yg gengsian dimuka bumi ini. Bahkan rela beli apapun yang sebetulnya itu ga penting buat dia :") stop rasa gengsi saat ini!

    BalasHapus
  2. Melania Putri30/9/20 14:05

    Yuk mulai berhenti gengsi dan jadilah apa adanya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama