Koneksi Internetmu Lemot? Pakai Cara Mudah Ini untuk Mempercepatnya!

#TEKNOTALK
"Technology in Words"


Kecepatan internet memang sangat diperlukan oleh para pengguna perangkat Android agar kegiatan mereka mampu berjalan dengan lancar, seperti bermain game tanpa lag, menonton video YouTube tanpa lemot, dan sebagainya. Bahkan menurut beberapa informasi, Indonesia masih berada pada posisi kedelapan sebagai negara dengan koneksi internet yang lambat.

Gimana caranya mempercepat internet?

1. Menggunakan Ad-Blocker

AdBlocker - play.google.com

Salah satu penyebab kecepatan internetmu melambat mungkin karena kamu tidak mem-block iklan. Jika ini terjadi, kamu bisa saja memblokir iklan pada browser menggunakan Ad Blocker, seperti UC Browser ataupun Opera Browser

2. Menghapus Cache

Menghapus cache pada smartphone Android - nesabamedia.com

Aplikasi yang memiliki cache apabila dibiarkan bisa memberatkan atau memperlambat performa pada perangkat smartphone milikmu. Selain mempengaruhi performa, ini juga bisa membuat proses layanan data internetmu berat jika cache menumpuk. Biar koneksi internetmu makin cepat, maka kamu harus rutin membersihkan cache-nya. Ada banyak bantuan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan cache, diantaranya Clean Master, One Tap Cache Cleaner, atau kamu juga bisa langsung menggunakan menu pada settings lalu klik storage dan cache, selanjutnya pilih "Clear Cache". Selesai deh!

3. Gunakan Jaringan 4G Only atau 3G Only

Jaringan 3G dan 4G - dignited.com

Kalau perangkat milikmu sudah mendukung jaringan 4G dan 3G, kamu bisa mengatur kecepatannya menggunakan 2 opsi tadi. Untuk mengaktifkannya kamu cukup pilih menu setting lalu pilih more, pilih mobile network, pilih network mode, lalu pilih jaringan 4G Only atau 3G Only berdasarkan kebutuhanmu. Salah satu kegunaannya adalah mencegah sinyal naik turun ketika sedang tidak stabil. Misalnya ketika menggunakan 4G namun tiba-tiba sinyal di rumah kamu jadi jelek, maka akan turun secara tiba-tiba ke 3G, sungguh tidak enak bukan.

Baca juga : Gini Nih Cara Supaya HP Kentang Tetap Gesit Meski Spesifikasi Seadanya!

4. Setting User Agent

Switch user agent - addons.mozilla.org

Sekarang ini sudah semakin banyak situs yang responsif, yang mampu menyesuaikan tampilan secara otomatis bila dibuka lewat perangkat smartphone. Meski demikian, terkadang masih saja ada yang memaksa untuk memakai tampilan web untuk komputer pada ponsel. Hal ini justru membuat akses internet pada smartphone semakin berat. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengganti user agent pada browser ke mobile. Ini bertujuan untuk mengompres data dalam menyesuaikan dengan tampilan mobile. 

5. Non-aktifkan Tethering

Tethering atau Hotspot - cellphones.ca

Tethering merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk menjadikan perangkat smartphone menjadi hotspot. Smartphone milikmu dapat kamu jadikan sebagai WiFi portable lalu membagikan koneksinya ke perangkat lain. Namun karena jaringan internet harus terbagi-bagi, maka kamu harus bersiap juga untuk berbagi bandwidth bersama perangkat lainnya. Biar jaringan internetmu makin cepat, kamu harus menonaktifkan fitur tethering ini biar jaringan internet bisa tetap fokus ke ponselmu.

 Cukup simpel kan tips-tips dari mimin hari ini? Ayoo yang masih sering lemot jaringannya, terapin cara ini aja. Dijamin ampuh! See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama