5 Tips Menghadapi Ujian dengan Lancar!

#SMARTLEARNER #JIWAMUDA


Banyak dari kita sering stress, takut tidak dapat mengerjakan ujian dengan baik, malas belajar karena pasrah dan masih banyak lagi. Tapi semua itu bisa kalian kurangi resikonya dengan memperbanyak persiapan kalian agar lebih matang dalam menghadapi ujian kedepannya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar dapat optimal ketika mengerjakan ujian.

1. Baca dan Pahami Materimu

Ilustrasi membaca materi - unsplash.com

Yup, ini merupakan salah satu yang terpenting ketika mempersiapkan ujianmu yaitu membaca dan memahami. Tentu saja ketika kalian ingin dapat menjawab ujian dengan baik maka kalian harus membaca dan memahami terlebih dahulu materi yang ada, dengan begitu kalian dapat mengetahui hal apa saja yang perlu kalian dalami dan pahami.

2. Rangkum dan Tandai Poin Penting Materi

Ilustrasi merangkum poin penting - unsplash.com

Lanjutan dari poin pertama, umumnya materi lebih dapat kamu pahami ketika dirangkum menjadi catatan berupa poin-poin penting yang kemungkinan besar akan ditanyakan saat ujian. Dengan membuat catatan penting maka kalian dapat lebih memahami materi dibandingkan harus membaca berlembar-lembar yang mungkin saja belum tentu semua isinya penting.

3. Istirahat yang Cukup

Ilustrasi istirahat - unsplash.com

Istirahat yang cukup bukan berarti tidur seharian ya! tetapi jangan sampai ketika kalian belajar sampai larut malam bahkan tidak tidur. Hal ini dapat mengurangi kinerja kalian ketika mengerjakan ujian, bisa saja ketika dihadapkan dengan ujian kalian mengantuk, tidak semangat atau bahkan bisa saja semua materi yang sudah dipelajari dapat terlupakan semuanya. Dengan istirahat yang cukup juga kalian dapat lebih konsentrasi dalam mengerjakan ujian dan kondisi tubuh yang lebih segar.

4. Apabila memungkinkan, Ulangi Membaca Materi

Ilustrasi membaca ulang materi - unsplash.com

Ketika mendekati waktu ujian dan masih memiliki waktu luang, baca ulanglah materi yang sudah kalian rangkum agar lebih memahami lagi dan dapat kalian tuangkan saat mengerjakan soal ujian.

5. Jangan Lupa BERDOA Sebelum Mengerjakan Soal

Ilustrasi berdoa - unsplash.com

Belajar sudah, istirahat yang cukup juga sudah. Lalu apalagi yang kurang? Tentu saja meminta pertolongan kepada Tuhan ya. Jangan lupa untuk berdoa ya teman-teman, dengan berdoa semoga kalian dapat lancar ketika mengerjakan ujian.

By MACEVOL - Desti Alfitri Putri

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama