Insecure? Yuk Cari Tahu Apa Itu!

#SMARTLEARNER
"Be Smart and Keep Learning"

         Pernahkah kamu meragukan kemampuan yang kamu miliki? Atau pernahkah kamu merasa kurang percaya diri? Merasa insecure ketika melakukan suatu hal itu normal, kok. Namun, insecure yang berlebihan dan dibiarkan berlama-lama bisa menghambat potensi dirimu. Oleh karena itu, kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera diatasi.

         Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar atau dari dalam diri sendiri.

        Sebenarnya merasa insecure tidak selalu bersifat negatif, tetapi sebagian besar orang-orang pasti lebih mengalami insecure yang berlebihan. Hal itulah yang membuat seseorang menjadi takut untuk berada di samping orang lain. Nah, sekarang bagaimana cara kita agar bisa lebih berani... Karena dengan menjadi cantik, belum tentu kita bahagia.

Tapi, bagaimana caranya?

      Perlakukan dirimu seperti kamu memperlakukan orang lain.



Ilustrasi - campuspedia.id

Why? Terkadang omongan yang kamu tujukan untuk diri sendiri lebih kejam daripada orang lain. Coba deh kamu bayangkan bagaimana dirimu saat orang tersayangmu yang mengalaminya. Pasti kamu akan menenangkan mereka, mendengarkan keluh kesahnya, dan memberikan support. Sekarang, terapkan hal itu pada dirimu.

      Pahami Diri Sendiri.

 

Ilustrasi memahami diri sendiri - kompasiana.com


Coba rehat sejenak dari segala aktivitasmu, lalu pahami apa yang kamu pikirkan dan kamu rasakan. Bisa juga kamu melakukan suatu aktivitas, seperti Me Time. Hal ini bisa membantumu untuk mengatasi permasalahan secara efektif.

      Yakini Bahwa Dirimu Berharga.

Ilustrasi menghargai diri sendiri - popbela.com


Punya kekurangan itu wajar kok, jadi yuk berhenti untuk bandingi diri sendiri dengan orang lain! Mending kamu bandingi diri kamu yang sekarang dengan diri kamu yang dulu, supaya kamu bisa melihat perkembangan dan kelebihan kamu.

      Hindari Hal yang Bikin Kamu Tidak Percaya Diri.

 

Ilustrasi harus percaya diri - freepik.com

Ingat, jauhkan dirimu dari hal tersebut. Karena semua orang punya standar masing-masing, dan kamu gak boleh terus-terusan mengikuti standar orang lain. Kamu diciptakan untuk menjadi apa adanya dirimu dan bukan untuk menjadi sempurna.

      Lebih Peduli Lagi Pada Dirimu Sendiri (Self-Care).

Ilustrasi self care - freepik.com

Cobalah meluangkan waktumu untuk mengembangkan atau merawat diri sendiri. Kamu juga bisa mengeksplor hal-hal yang kamu sukai atau melakukan hobby. Hal ini bisa membantu kamu untuk merasa lebih nyaman dengan dirimu sendiri.

 

Nah, kalian tahu kan sekarang? Untuk mengatasi rasa insecure itu sangat penting. Jadi, berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Syukurilah apa yang hingga kini kamu miliki dan jangan lupa untuk mencintai diri sendiri.

By MACEVOL – Ni Komang Ayu Sri Damayanti

 

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama