Jangan Percaya! Ini Mitos Tentang Kepribadian Introvert

#MYTHORFACT #SMARTLEARNER

Introvert - topcareer.id

            Halo semuanya! Apa kabar nih? Semoga kalian sehat semua ya. Kali ini kami akan berbagi sedikit ilmu buat kalian. Pasti kalian tahu dong tentang tipe kepribadian yang ada di dunia, yaitu introvert, ekstrovert, dan ambivert. Tetapi, dari ketiga tipe tersebut yang paling sering dibahas adalah introvert hmm kenapa ya?

Hal itu dikarenakan introvert memiliki sifat yang unik dari mereka dan cenderung pendiam. Dan hal itu membuat masyarakat memiliki stigma sendiri bahkan mitos-mitos seputar kepribadian satu ini. Yuk simak baik-baik mitos – mitos tentang kepribadian introvert!

1. “Kan pendiam, pasti gak jago public speaking”.

Public Speaking - iStock

            Emang iya ya? Sebenarnya ini ga selalu dikatakan benar dan salah sih. Balik lagi pada masing-masing orang. Kalian pasti pernah malu atau grogi tampil di depan khalayak ramai ya kan ? Ngaku nihh …hehhehe. Sebenarnya jagonya public speaking gak berdasarkan dari tipe kepribadian kalian lohh. Ini berasal dari seberapa usaha kamu dan seberapa besar mental kamu untuk berbicara di depan umum. Jadi butuh latihan dan persiapan mental yang kuat ya. Apapun kepribadianmu, kalau memang mau berusaha pasti bisa kok.

2. “Introvert tuh ansos banget”

Ilustrasi Anti sosial - valhallamfa.wordpress.com

            Waduhh denger begini rasanya … ( cosplay odading mang oleh ) wkwk becanda ya. Pernyataan ini salah banget guys. Introvert itu orangnya memiliki kepekaan yang tinggi terhadap lingkungannya . Dia ga sembarangan langsung akrab dengan orang lain tetapi dia mencoba mencermati orang tersebut lebih dulu. Nah, introvert juga cenderung kurang nyaman terhadap lingkungan yang ramai makanya ia lebih asik dengan mainannya sendiri seperti buku atau handphone atau lebih nyaman dengan beberapa teman saja. Tetapi, jika kalian dekat dengan orang introvert, dia bisa lho menjadi teman curhat yang baik. Dia adalah pendengar yang baik dan mau memahami cerita kalian. Coba aja!

3. “Orangnya introvert, pasti gak jago bisnis”

Ilustrasi bisnis - folderbisnis.com

            Nah ini apalgi. Salah besar guys.. Justru ada banyak entrepreneur dengan kepribadian introvert menjadi pebisnis besar loh. Mau tahu? Sebut saja Bill Gates , Warren Buffet, dan Elon Musk. Jadi, jangan ikut-ikutan kemakan mitos ini yaa. Introvert itu memiliki kesenangan dan kelebihan di dalam kesendiriannya. Mereka bisa mengisi kesendiriannya itu dengan hal produktif.

4. “Introvert pasti hidupnya gak bahagia“

Ilustrasi tidak bahagia - actioncoach.com

            Ini juga salah banget! Introvert, ekstrovert, dan ambivert memiliki cara sendiri untuk meraih kebahagiaan mereka.  Introvert itu tidak suka dengan banyak stimulasi dari luar makanya mereka lebih suka mengisi energinya dengan hal-hal yang berasal dari dalam diri mereka. Sedangkan , untuk ekstrovert ia lebih suka mengisi dengan stimulasi dari luar makanya ia mengisi energi dengan diskusi oleh banyak orang. Tetapi , introvert bisa kok melakukan kegiatan seperti ekstrovert tetapi intensitas tidak lebih tinggi dari ekstrovert. Sebaliknya , ekstrovert juga bisa melakukan hal seperti introvert tetapi tidak lebih tinggi dari introvert. So, jangan ukur tingkat kebahagiaan seseorang dari satu pandangan doang ya.

5. “Introvert rentan depresi karena kesepian”

Ilustrasi Depresi - doktersehat.com

            Depresi? Hah? Apa gak salah denger? Seperti yang kami tulis sepanjang artikel ini , Introvert tuh mengisi energinya dengan kesendiriannya dan dia bahagia kok dengan kegiatannya tersebut. Malah tipe kepribadian lainnya juga bisa depresi kok dengan cara mereka sendiri. Nah , untuk introvert jika ia depresi , ia akan merenung dan menganalisis kesalahan mereka lalu bangkit. Jadi , jangan menganggap introvert itu depresi karena kesendiriannya ya.

Ada gak nih yang percaya dengan mitos-mitos tadi? Kalau ada, mendingan stop percaya dengan mitos tadi ya. Itu balik lahi ke masing-masing orang kok. Banyak dari tipe kepribadian lain pasti akan merasakan kesepian, depresi, dan sebagainya. Hal itu tergantung bagaimana respon mereka menghadapinya. Selain itu, jangan karena mitos-mitos ini kamu sampai nyuruh mereka yang introvert untuk berubah . Manusia tidak boleh dinilai karakternya dari kepribadiannya. Setuju gak?

By MACEVOL ~ Adzhar Rachmat Ramadhan

1 Komentar

  1. Aku introvert, emang pendiam tp jago public speaking ko kecuali diliatin keluarga dah malu2 kucing wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama