Kelebihan Pendidikan Vokasi yang Masih Dianggap Remeh oleh Masyarakat Indonesia

#SMARTLEARNER
"Be Smart and Keep Learning"


Halo readers! Gimana kabarnya? Semoga kalian sehat semua ya, jangan membuat tugas-tugas sekolah kalian menjadi beban pikiran. Nah buat yang kelas 12 SMA, apakah kalian sudah memikirkan ingin melanjutkan kemana? 

Kali ini saya ingin memberi informasi tentang pendidikan vokasi. Kalian pasti masih samar-samar kan tentang pendidikan yang satu ini. Karena rata-rata setelah lulus kebanyakan siswa SMA akan melanjutkan ke pendidikan S1. Yuk langsung kita bahas aja! 

Pendidikan vokasi adalah pendidikan yang fokus pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Program vokasi terdiri dari program diploma, antara lain yaitu Diploma 1 (Ahli Pratama), Diploma 2 (Ahli Muda), dan Diploma 3 (Ahli Madya).

Lalu apa sih keuntungan dari pendidikan vokasi?

1. Mempelajari hal-hal yang lebih spesifik

Ilustrasi hal spesifik - ilmuwebsite.com

Berbeda dengan pendidikan sarjana yang lebih mempelajari hal-hal yang teoritis, pendidikan vokasi justru mempelajari hal-hal yang lebih spesifik.

2. Sudah terbiasa dengan dunia kerja

Ilustrasi dunia kerja - terkerja.blogspot.com

Pendidikan vokasi lebih mengutakaman praktik (70%) dan teori (30%), oleh karena itu lulusannya akan lebih siap dengan dunia kerja.

3. Lulusan pendidikan vokasi tidak kalah saing dengan lulusan S1

Ilustrasi lulusan - yusrintosepu.wixsite.com

Gelar bukanlah satu-satunya hal yang penting, tetapi skill juga diperlukan dalam dunia kerja. Lulusan pendidikan vokasi akan mudah mendapatkan pekerjaan karena sudah ahli dibidangnya.

4. Para pengajarnya merupakan orang yang kompeten di bidangnya

Ilustrasi pengajar - news.okezone.com

Biasanya, yang mengajar di pendidikan vokasional adalah orang-orang yang pernah terjun langsung dan paham betul dengan bidangnya. Sedangkan dosen S1 biasanya merupakan pengajar yang lebih fokus ke ranah penelitian dan pengajaran di suatu bidang tertentu.

Nah, itu semua adalah kelebihan pendidikan vokasi. Sekarang teman-teman jadi lebih mengerti bukan? Walaupun masih dianggap remeh oleh sebagian masyarakat, tetapi pendidikan vokasi memiliki kelebihan yang luar biasa. Kita menjadi lebih fokus pada bidang keahlian kita dan tidak bingung ingin melanjutkan pekerjaan dimana ketika sudah lulus.

Jika tidak ingin melanjutkan pekerjaan, kamu juga bisa melanjutkan ke pendidikan S1 lewat jalur ekstensi. Saat ini banyak sekali perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan S1 ekstensi baiik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Semoga bermanfaat yaa! 

By MACEVOL ~ Anggita Nur Handayani 


1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama