Kerja Keras Memang Bagus Tapi Gimana Kalau Kerja Cerdas?

#SMARTLEARNER #JIWAMUDA

Kita sering mendengar kalimat motivasi seperti “kerja keras tidak akan mengkhianati hasil”. Kalimat itu pasti menjadi pedoman bagi mereka yang ingin mencapai cita-cita atau target tertentu. Namun banyak orang-orang yang melakukan suatu hal berbasis kerja keras, tetapi bekerja dengan tidak mengenal lelah dan hasilnya tidak maksimal.

Akhirnya, mereka menjastifikasi bahwa kerja keras adalah kerja tanpa mengenal waktu. Padahal bisa kita ubah mekanismenya menjadi kerja cerdas yaitu bekerja secara teratur, dengan waktu yang singkat, tetapi dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Usaha yang kita berikan mungkin tidak akan sebesar saat kita bekerja keras namun ada beberapa hal yang jika dilakukan dengan mekanisme kerja keras, maka itu bisa menjadi lebih efisien. Tapi ga semuanya harus menggunakan mekanisme kerja cerdas yaa.

1. Bekerja Keras

Kerja keras - freepik.com

Rasanya kalimat ini sudah sangat terkenal. Sayangnya, bekerja keras ini belum tentu bisa menciptakan hasil yang lebih efisien. Seringkali kerja keras hanya sekedar cara kita memaksimalkan waktu yang ada tapi kenyataaannya itu tidak efisien. Mekanisme kerja keras ini juga tidak mampu memprediksi seberapa efiisien pekerjaan kita dalam menyelesaikan tugas / pekerjaan.

Contohnya, A berusaha sekuat tenaga dan BEKERJA KERAS untuk menyelesaikan laporan keuangan dalam waktu 3 hari. Tetapi ternyata ada B yang menerapkan konsep BEKERJA CERDAS sehingga ia bisa menyelesaikan 2 laporan keuangan dalam waktu 10 jam saja. Beda kan?

2. Bekerja Cerdas

Kerja secara Cerdas - kompasiana.com


Strategi kerja cerdas ini tentunya tidak sama dengan kerja keras. Targetnya boleh sama tetapi proses, waktu, dan perjuangannya tentu berbeda. Bagi orang yang memiliki banyak waktu, kerja keras mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat namun bagaimana bila mereka memiliki waktu yang singkat tetapi targetnya sama? Maka kerja cerdaslah yang merupakan pilihan tepat. Kerja cerdas lebih singkat dalam hal waktu.

Saat menerapkan konsep kerja cerdas ini kita harus memiliki manajemen waktu dan strategi produktivitas yang baik demi adanya hasil dengan kualitas tinggi. Sedikit tips untuk kamu yang ingin menerapkan mekanisme kerja cerdas :

1. Tetapkan 3 tujuan utama setiap harinya dan berfokus pada hal itu

2. Hindari multi-tasking

3. Jangan lupa beristirahat dengan baik

Kerja cerdas maupun kerja keras keduanya merupakan hal yang baik. Hal itu kembali lagi kepada orang yang akan beraktivitas dan disesuaikan dengan kondisi yang ada (waktu, kegiatan lain, tenaga). Tentukan pilihanmu dengan tepat yaa. See you!

By MACEVOL - Rr. Halimatu Hira

1 Komentar

  1. Banyak orang yang melakukan kerja keras bukan kerja cerdas sedangkan orang yang melakukan kerja cerdas dibilang ambis 😥

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama