Kuliner Khas Solo yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

#JEJAKAKI
“Travel The World With Style” 

Bentar-bentar, sebelum kamu scroll ke bawah pastiin kamu siapin cemilan yaa soalnya kali ini kami akan membahas makanan yang sudah siap membuat kamu kelaparan. 

Solo - biznetnetworks.com

Solo. Kalau ke kota Batik ini ga lengkap rasanya kalau ga kulineran juga kan? Jenis makanan yang sangat bervariasi dan pastinya enak membuat pengalaman berkunjung ke destinasi wisata satu ini sulit untuk dilupakan. Kalau kamu belum pernah ke Solo, rekomendasi berikut pastinya akan membantumu memilih jenis makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung di kota Solo nantinya. 

Apa aja sih? Yuk kita cek bareng-bareng! 


1. Tengkleng Kambing 

Tengklek - akurat.co

Ini merupakan masakan sejenis sup yang berbahan utama tulang kambing. Bentuk fisiknya bisa dikatakan hampir mirip dengan gulai kambing hanya saja kuahnya lebih encer. Ada juga lho tengkleng yang kuahnya sedikit doang. 

2. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak - travel.tribunnews.com

Nah kalau yang satu ini tuh merupakan jajanan yang bisa dikatakan sudah mulai langka. Cabuk rambak sendiri merupakan potongan ketupan yang diiris tipis melebar lalu disiram sambal wijen. Porsinya yang ga begitu banyak menjadikannya sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan sela. 

3. Srabi Notosuman

Srabi - solo.tribunnews.com

Ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan santan kemudian digoreng di atas arang. Rasanya yang gurih, bakalan bikin kamu nagih deh pokoknya! Bahkan kini sudah banyak modifikasinya lho, seperti topping meses, keju potongan pisang, dan lainnya. Ngiler banget! 

4. Soto Gading 

Soto Gading - travel.tribunnews.com

Nah kalau yang ini tuh langganannya Bapak Jokowi sejak menjadi Walikota Solo nih. Ini merupakan jenis soto yang berkuah bening kemudian diberi kaldu ayam, bihun, suwiran ayam, irisan daun bawang dan tomat, nasi, hingga jeruk nipis sebagai pelengkapnya. 

5. Sate Buntel 

Sate Buntel - smol.id

Sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang atau digiling kemudian dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar. Cita rasanya yang gurih dan dipadukan dengan sambal pedas manis pasti bikin kamu pengen balik lagi ke kota Solo. 

6. Rambak Petis

Rambak Petis - surakarta.go.id

Makanan yang biasanya dijadikan oleh-oleh ini merupakan kulit sapi atau kulit kerbau yang digoreng kering. Sebelum digoreng kulit ini diberi bumbu khas. Dan saat menyantapnya, sangat disarankan untuk makan bareng saus dari kecap manis dan petis. Mantep banget deh itu! 

7. Timlo Solo

Timlo - food.detik.com

Makanan yang berisi bihun dengan beragam toping seperti suwiran ayam, telur, semur, potongan sosis, pangsit, dan sayuran ini sangat khas dan dikenal banyak orang. Kalau ke Solo, gak lengkap deh kalau ga cobain ini. 

8. Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret - 5news.co.id

Minuman tradisional asal Solo. Minuman ini terbuat dari campuran santan dan tepung beras yang ditambah dengan larutan gula jawa. Udah manis, segar, dingin, kurang apalagi coba? 

Gimana nih, udah cukup kelaperan belum? Tungguin tour kuliner online kami selanjutnya yaa. See you! 


MACEVOL - Ardelia Yasmin Yolandaya

 

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama