Prinsip Kaizen? Apa Sih Itu?

#SMARTLEARNER #JIWAMUDA

Kalian sudah pernah dengar belum sih soal prinsip kaizen? Jepang memang terkenal banget akan masyarakatnya yang disiplin. Sedari kecil, mereka sudah diajari untuk selalu disiplin dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Dan hal positif ini mereka jadikan sebagai rutinitas. Simpelnya, kaizen adalah perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Apa aja?

PDCA - SDCA

Ini merupakan langkah awal untuk menjamin adanya kesinambungan kaizen.

a. Plan (Rencana)

Ilustrasi perencanaan - possibility-cp.com

Penetapan target dan merancangkan tindakan apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut.

b. Do (Lakukan)

Lakukan - middleweb.com


Bentuk nyata (aksi) dari perancangan yang sudah dibuat sebelumnya

c. Check (Periksa)

Ilustrasi memeriksa - maxmanroe.com

Pastikan kamu memeriksa segala hal yang sudah kamu lakukan tetap sesuai rencana awal dan apa saja kesalahan yang terjadi.

d. Act (Tindakan)

Aksi - productivitysteps.wordpress.com

Tindaklanjuti hal yang sudah kamu jalankan dan putuskan prosedur baru untuk menghindari kesalahan yang sama terjadi kembali.

Siklus ini terus berputar diselingi dengan siklus SDCA (Standarize-Do-Check-Act). Namun perbedaannya, SDCA lebih mengacu pada pemeliharaan sedangkan PDCA pada perbaikan.

Prinsip ini sangat bagus untuk diterapkan dalam kehidupan manusia agar kita bisa memahami bagaimana menghadapi suatu masalah dan bangkit kembali untuk mencapai target kita. Jangan lupa untuk selalu berkomitmen pada satu hal dan tetap setia. Semangat semuanya!

By MACEVOL - Bilqis Salsabilla Luqyana

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama