Cara Amankan Data Pribadi di Aplikasi Zoom

#TEKNOTALK
"Technology In Words"

Zoom -  by Bloomberg - znews.id 

Aplikasi Zoom telah menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat pada masa pandemi ini. Namun, aplikasi ini sedang banyak permasalahan terkait data pribadi penggunanya. Aplikasi ini sedang mengalami serangan dari hacker yang ingin melakukan pencurian data. Data-data tersebut meliputi banyak akun seperti email, kata sandi, dan ID rapat.

Untuk menghindari itu, apa saja sih yang perlu kita lakukan? Berikut ini bebrapa langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi zoom untuk meminimalisir kemungkinan terkena pencurian data tersebut. Singkat banget kok!

1. Periksa Akun

Have i been pwned

Kalian dapat menggunakan layanan gratis seperti Have I Been Pwned atau Pwdquerry yang bisa melihat apakah email atau kata sandi yang terdaftar di Zoom kalian sudah tersebar di web. Jika iya, maka kalian harus mulai memperbaharui data-data di akun Zoom seperti mengubah kata sandi. Ubahlah kata sandi dengan kalimat ataupun kode angka yang unik. Lebih baik lagi jika kalian menggunakan kata sandi yang belum pernah dipakai di akun manapun. Hal tersebut dikarenakan kejahatan yang dilakukan hacker bisa saja merambah ke akun-akun pribadi seperti M-Banking, Instagram ataupun yang lainnya.

2. Cek Pengaturan Akun Zoom

Zoom setting - ascensiongt.com

Kalian bisa secara langsung mengganti ID Rapat pribadi sehingga nantinya akun hacker tidak bisa masuk ke dalam ruang meeting milikmu. Seperti yang diketahui bahwa salah satu tindakan yang dilakukan oleh hacker dengan cara masuk ke dalam ruang rapat dan mengirimkan konten- konten porno dan ancaman. Jika sudah terlanjur, maka kalian dapat langsung dilakukan klik tautan dibawah yang tertulis “Keluarkan Saya Dari Semua Perangkat”. Dengan melakukan hal tersebut, secara otomatis akun Zoom kalian akan langsung keluar dari seluruh perangkat yang didaftarkan dengan akun milikmu. Setelah itu, lakukanlah langkah pertama dimana kalian harus mengganti password tersebut dengan kata sandi yang berada dari sebelumnya.

Itu dia 2 langkah penting yang harus kalian lakukan untuk mengamankan data pribadi pada aplikasi zoom. Smartdigital, smartpeople!

By MACEVOL - Nada Adinda Ilhamy

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama