Kenapa Kita Harus Mencintai Diri Sendiri?

#JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"

Mencintai diri sendiri - yayasanpulih.org

Mencintai diri sendiri itu penting lho. Bagaimana kamu bisa mencintai orang lain kalau kamu sendiri tidak mencintai dirimu? Yuk mulailah melakukan kebaikan untuk diri sendiri sebelum melakukannya kepada orang lain.

Kenapa sih kita perlu yang namanya "self love"? Berikut adalah alasan pentingnya.

- Menjadi Lebih Bahagia

Ilustrasi bahagia - health.kompas.com

Take and give itu memang benar, contohnya adalah self-love. Ketika kamu berhasil mencintai diri sendiri dan juga orang lain, maka orang-orang di sekitarmu pun akan kembali mencintaimu dengan setulus hatinya. Apalagi di era sekarang, dimana mendapatkan cinta yang tulus itu sangatlah sulit, karena kebanyakan orang selalu mengharapkan imbalan dari apa yang diperbuat dan diberikannya kepada orang lain. Maka saat bisa kamu peroleh, jangan disia-siakan ya.

- Lebih Mudah Menggapai Mimpi

Ilustrasi menggapai mimpi - minanews.net

Ketika kamu berhasil mencintai dirimu sendiri, otomatis pola pikir terhadap hal-hal di sekitarmu akan ikut berubah ke arah yang lebih positif. Sikap ini membuat kita bisa melihat segala hal dari perspektif yang berbeda. Ketika orang lain punya perspektif jelek terhadap seseorang, kamu justru sebaliknya. Tapi perlu diingat perspektif bersifat personal dan pastinya berbeda-beda di setiap orang. So, kita ga bisa memaksa orang lain untuk punya perspektif yang sama.

- Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Mencintai diri sendiri - jurnal.socioll.com

Nobody’s perfect. Tapi, kekurangan ini bukan hambatan lho ya. Justru dengan kekurangan itulah, kita harus belajar menerima diri apa adanya. Ketika kamu mengetahui letak kelemahanmu, kamu akan berusaha menemukan letak kelebihanmu. Bahkan, kamu bisa menggunakan kelemahanmu sebagai kekuatan barumu. Tujuannya bukan untuk menutupi kelemahan, tapi lebih ke arah memperbaiki diri supaya dirimu menjadi jauh lebih berkualitas. Melakukan intropeksi diri, kemudian lakukan perubahan untuk menjadi lebih baik lagi.

Semuanya dimulai dari diri sendiri. Gimana caranya kita bisa mengisi gelas milik orang lain kalau gelas kita sendiri masih kosong? Coba deh kalau baru bangun pagi sebut kalimat ini; "I love my self, i appriciate my self, i can do it. Semangattt!" Boleh kamu ulang beberapa kali dan ini terbukti cukup ampuh untuk memotivasi diri saat hendak memulai hari. Tapi ingat ya segala sesuatu yang berlebihan juga ga baik. Tetap bijak yaa. See you!

By MACEVOL - Tryani Siahaan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama