Sibuk = Produktif. Emang iya?

#MYTHORFACT #SMARTLEARNER

Sibuk vs Produktif - rencanamu.id

Kata Produktif sudah tidak asing dikalangan milenial bahkan diatasnya. Namun, banyak persepsi yang menyatakan bahwasanya ketika kita memiliki kesibukan maka kita sudah dalam masa produktif. Apakah benar, sibuk disini bisa disebut dengan produktif?

Faktanya, ketika kita sibuk belum tentu bisa dinyatakan produktif, karena produktif sendiri memiliki syarat atau pengertian sendiri. Produktif adalah ketika kita memiliki energi yang cukup, waktu yang fleksibel dan kefokusan atas pekerjaannya. Jadi, ketika kita sibuk akan tetapi tidak mencakupi 3 faktor penting tersebut, maka belum bisa disebut bahwasanya kita telah produktif. Terus, apa aja sih perbedaan sibuk dan produktif?

1. Prioritas

Prioritas - abcpalem.com

Ngomong-ngomong soal prioritas, tidak ada orang yang tidak sibuk di dunia ini namun, tidak ada orang yang terlalu sibuk sampai mereka tidak bisa meluangkan waktu untuk hal lain. Orang yang produktif tahu mana hal yang lebih penting dan mendesak sehinggga mereka bisa mengedepankan hal tersebut dan mengesampingkan hal lain untuk sementara waktu. Orang produktif selalu bisa memisahkan mana hal yang harus diselesaikan lebih dulu dan mana pekerjaan yang bisa ditunda.

2. Mengambil Tindakan

Ambil Aksi - duniamotivasi101

Percaya atau tidak, orang sibuk dan orang produktif mengambil tindakan dengan cara berbeda. Orang sibuk langsung bertindak tanpa menyusun prioritas terlebih dulu. Mereka membuat rencana hanya membuang waktu saja.

Sementara orang produktif memilih tugas mana yang harus diprioritaskan, sehingga mereka tahu apa saja yang harus dilakukan sepanjang hari. begitu mereka bisa mengurangi waktu yang terbuang.

3. Efisiensi Waktu

Efisiensi waktu - wqa.co.id

Sesuai dengan point sebelumnya, sudah bisa diperkirakan orang produktif lebih efisien dalam menggunakan waktunya. Mereka tidak menyelesaikan semua pekerjaan, namun mereka telah berhasil menyelesaikan semua hal yang penting.

4. Fokus

Ilustrasi fokus - muslimobsession.com

Banyak orang yang berpikir bahwa mengerjakan banyak hal sekaligus atau multitasking dapat meningkatkan produktivitas. Padahal, keduanya sama sekali tidak berhubungan. Bahkan tidak jarang multitasking justru membuat seseorang kehilangan fokus, sehingga muncul berbagai kemungkinan dan yang lebih buruk, tidak ada satupun yang terselesaikan.

Untuk menjadi produktif, kuncinya adalah fokus. Kerjakan hanya satu hal dalam satu waktu. Kerjakan berdasarkan prioritas. Dahulukan mana yang lebih penting. Jangan biarkan konsentrasi terpecah karena hal kecil yang seharusnya dapat ditunda.

Nah itu dia kira-kira beberapa perbedaan antara orang sibuk dan orang produktif. Ga ada yang jelek kok. Itu balik lagi ke orang yang menjalani dan situasinya. See you!

By MACEVOL - Umdatun Najahah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama