APA SIH PERBEDAAN SMA DAN SMK?

#SMARTLEARNER
"Be Smart and Keep Learning"

SMA vs SMK - Photo by www.educenter.id

Setelah lulus SMP, kamu mau lanjut ke SMA atau SMK? Banyak anak yang masih bingung ketika memilih salah satu dari kedua pilihan sekolah ini sehingga tak jarang dari mereka yang merasa salah pilihan dan akhirnya mengendorkan semangat dalam belajar. Masih suka penasaran dengan apa yang dipelajari dan dihadapi siswa-siswi di SMA atau SMK? Biar ga bingung lagi, yuk baca artikel ini!

1. Tujuan

Ilustrasi goal - Photo by russpeak.com

Tujuan dari SMA dan SMK berbeda. Pendidikan SMA cenderung lebih fokus untuk mempersiapkan siswanya melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, sedangkan pendidikan SMK lebih ditujukan mempersiapkan siswanya terjun langsung di dunia kerja namun ia juga tetap bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi jurusan yang relevan saat kamu SMK.

2. Lama Masa Pendidikan

Ilustrasi waktu - Photo by economictimes.indiatimes.com

Masa waktu menempuh pendidikan di SMA adalah 3 tahun dan terdiri dari tiga tingkatan kelas, yaitu kelas I, II, dan III atau lebih dikenal sebagai kelas X, XI, dan XII. Masing-masing kelasnya bisa dituntaskan dalam waktu 1 tahun.

Cukup berbeda dengan SMA, di SMK beberapa jurusan memang bisa ditempuh dalam tiga tahun, tapi ada beberapa jurusan yang memerlukan masa praktik lebih lama, sehingga memerlukan waktu studi kurang lebih empat tahun.

Bahkan, sejak tahun 2017 Kemendikbud meluncurkan program SMK 4 tahun demi meningkatkan kompetensi lulusan. Pada tahun keempat, siswa SMK belajar di dunia industri selayaknya pekerja pada umumnya atau lebih sering dikenal sebagai PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Nah itu dia 2 hal yang paling bisa mewakili perbedaan SMA dan SMK. Semoga artikel ini membantu ya. See you!

By MACEVOL - DEA ERVIANA PUTYA

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama