Micin Sebabkan Kanker?

#MYTHORFACT #SMARTLEARNER

Vetsin (Penyedap rasa) - Photo by eatthis.com


Pada zaman yang serba canggih ini seringkali kita menemukan informasi-informasi yang kurang tepat / hoax yang tersebar di sosial media. Saat membaca informasi dimana pun, kita harus memeriksa ulang mengenai kebenaran informasi tersebut. Informasi tentang kesehatan sering kali disalahartikan, contohnya seperti pernyataan MSG dapat menyebabkan kanker. Mungkin banyak dari kita sudah pernah mendengar hal itu dan bahkan percaya. Tapi ternyata MSG (Monosodium glutamate) tidak menyebabkan kanker. Administrasi Pangan dan Obat (FDA) di Amerika Serikat juga mengklasifikasikan MSG sebagai bahan makanan yang 'secara umum diakui aman'.

 

Apasih MSG itu?


MSG - Photo by motovegan.co.id

MSG adalah garam natrium dari asam amino asam glutamat. Asam glutamat sendiri terjadi secara alami di dalam tubuh manusia dan juga terdapat di sejumlah makanan, seperti keju, ekstrak kedelai, dan tomat.

Faktanya, MSG ini ditemukan sebagai penambah rasa makanan berdasarkan kejadian alami pada rumput laut. Namun saat ini, produksi komersial MSG tidak lagi dimulai dengan rumput laut, melainkan dengan proses fermentasi pati yang mirip dengan proses pembuatan cuka, anggur, dan yogurt.

 

So, meskipun sebagian kecil orang mungkin menunjukkan reaksi merugikan terhadap MSG, seperti sakit kepala atau mual, tetapi gejala ini biasanya ringan dan tidak memerlukan perawatan. Oleh sebab itu, kita sebagai generasi muda harus bisa cerdas dalam memilih dan membaca informasi yang sudah tersebar di internet.

 

By MACEVOL – TERESA JASMINE AMARIS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama