Kuliah? Untuk Apa?

#SMARTLEARNER
"Be Smart and Keep Learning"

Teruntuk kalian yang ingin melanjutkan jenjang studi perkuliahan atau bahkan yang sudah menjadi mahasiwa. Pernahkah ga sih kalian bertanya? Untuk apa sih kuliah itu? Apakah saya kuliah hanya untuk sekadar mendapat gelar? Atau karena bingung melakukan apa, jadi setelah lulus SMA sehingga ikut-ikutan seperti orang lain saja? Atau hanya sekadar menjaga nama baik supaya tidak dihina dan dipandang rendah karena tidak melanjutkan studi perkuliahan? Atau sekedar mengikuti perkataan orangtua? 

Jika jawabanmu untuk menimba ilmu nyatanya di zaman sekarang dimana teknologi sudah canggih kita dapat mendapatkan ilmu dengan mudah dimana saja, kapan saja, dan bahkan secara gratis. 

Lalu? Untuk apa kuliah di zaman sekarang? Perbedaan yang cukup membedakan antara mahasiswa dan non mahasiswa adalah soft skill yang dimiliki. Apa saja yaa?

Terlatih Menyelesaikan Masalah & Berpikir Kritis

Berpikir kritis - Photo by acer.org

Ketika sudah menjadi mahasiswa pembelajaran yang didapatkan tidak hanya sekadar hafalan lagi. Kita akan dihadapkan dengan tugas dengan permasalahan-permasalahan yang membutuhkan critical thinking. Ini sangatlah penting, dan tentunya akan sangat berguna untuk kehidupanmu, seperti pengambilan keputusan mulai dari perkara kecil sampai yang besar. Kemampuan critical thinking ini akan menjadi lebih terlatih apabila kita sering mengikuti perlombaan seperti karya tulis ilmiah, essai, dsb. 

Membangun Relasi

Ilustrasi relasi - Picture by insights.dice.com

Ketika kita menjadi seorang mahasiswa. Kita akan bertemu dengan berbagai orang dari berbagai kalangan, daerah, pola pikir, jurusan, fakultas, dan lainnya. Bangunlah relasi sebanyak-banyaknya. Karena di zaman sekarang ini kita bukan lagi mementingkan kompetisi, namun kolaborasi. Dan untuk melakukan suatu kolaborasi yang inovatif dan kreatif diperlukan relasi atau koneksi yang luas. 

Berlatih Bekerja Sama dalam Tim dan Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Lain

Ilustrasi bekerja sama dalam tim - Picture by sandler.com

Semua orang pasti akan merasakan pengalaman bekeja sama dalam tim. Apalagi apabila kamu mengikuti organisasi. Bekerja sama dalam tim tidaklah mudah, keunikan setiap orang membuat perbedaan yang tak jarang menimbulkan perselisihan. Namun apabila kamu sudah terbiasa, perbedaan-perbedaan inilah yang justru akan menjadikan timmu yang lebih unggul dibanding yang lain.

Kemampuan Mengolah Waktu 

Ilustrasi manajemen waktu - Photo by corporatefinanceinstitute.com

Ketika kita menjadi seorang mahasiswa yang produktif kamu akan dituntut dapat mengolah waktu dengan baik dan secara tidak langsung kita menjadi terlatih dalam manajemen waktu. Pastikan kamu tetap memiliki me time dan juga waktu untuk belajar, karena bagaimanapun kamu masih seorang pelajar.

Fleksibilitas dan Kemampuan Beradaptasi 

Ilustrasi fleksibel dan beradaptasi - Picture by dictio.id

Bertemu dengan orang-orang baru dan berada di lingkungan baru tentunya terasa aneh. Tetapi itulah yang akan membuatmu secara tidak langsung menjadi seseorang yang fleksibel dan mudah beradaptasi. 

Kemampuan Berkomunikasi

Ilustrasi berkomunikasi - rencanamu.id

Kemampuan berkomunikasi adalah saah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Bagaimana kita bernegosiasi, menginfluence seseorang, menyampaikan apa yang kita maksud dengan baik dan benar. Hal-hal tersebut sangatlah penting terutama ketika sudah memasuki dunia pekerjaan kelak.

Masih banyak softskill lainnya yang bisa kita dapatkan selama menjadi mahasiswa. Namun kurang lebih itulah hal-hal yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi seorang mahasiswa yang aktif dan produktif. Oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatanmu yaa.

Tahukah kamu mengapa IP hanya maksimal bernilai 4 ? Hal ini dipercaya karena sepintar-pintarnya kita di perkuliahan maka kita hanya maksimal mendapat 4% pengetahuan sedangkan 96% lainnya didapatkan ketika  kita eksplore banyak hal di luar sana. Ketika kita menjadi mahasiswa, ada banyak wadah yang disediakan, dan kesempatan yang bertebaran yang dapat kita perjuangkan untuk kita peroleh. Oleh karena itu sekali lagi, jangan sia-siakan kesempatan yang sangat berharga ini. 

Softskill yang dilatih, mempersiapkan kita dalam menjalani di dunia pekerjaan nanti dan yang terpenting adalah menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik. 

 

By MACEVOL – TAQIYAH NABILA YASMET

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama