Mau Kulineran Enak & Murah di Yogyakarta? Coba kesini deh!

#JEJAKAKI
"Travel The World With Style"

Kota Yogyakarta - Photo by cnnindonesia.com


Yogyakarta adalah kota dengan julukan kota pelajar dan tentunya memiliki destinasi wisata dan kuliner yang sangat banyak. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa tempat wisata kuliner terkenal enak di Jogja yang bisa kamu kunjungi setelah masa pandemi ini berakhir.

 

1. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik Man - Photo by jogja.idntimes.com

Dari sekian banyak angkringan yang ada di jogja, salah satu yang jadi rekomendasi bagi para wisatawan adalah angkringan Lik Man. Selain sudah terkenal sejak lama, menu makanan yang bisa kamu coba juga banyak. Mulai dari sego kucing, aneka sate, gorengan, hingga menu yang paling utama kopi jos yang enak.


Angkringan ini dibuka mulai pukul 21.00 hingga 02.00 WIB. Untuk harganya juga cukup ramah di kantong. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam sate dan nasi mulai dari Rp2.500 dan untuk harga satu porsi juga juga sangat murah, yakni sekitar Rp 20.000 saja dan kamu sudah bisa mendapatkan paket komplet. Lokasi angkringan ini berada di samping Stasiun Kereta Api Yogyakarta tepatnya di
Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

 

2. Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Tumini - Photo by visitingjogja.com

Bagi kamu pecinta mie ayam, ini adalah salah satu mie ayam terenak di Yogyakarta. Mie ayam ini berada di daerah Umbulharjo tepatnya di Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163. Untuk jam operasionalnya, buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Selain enak, untuk harganya juga masih sangat terjangkau, mulai dari Rp 8.000 saja.

 

3. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon - Photo by kumparan.com


Jika berkunjung ke Jogja pasti belum lengkap rasanya kalau tidak menyantap gudeg. Ya, karena gudeg merupakan salah satu ikon dari kota Jogja. Nah, buat kamu yang ingin menikmati gudeg dengan rasa yang enak dan suasana tempat makan yang berbeda, Gudeg Pawon tempatnya.

Gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1658 dan di warung ini kamu bisa melihat secara langsung proses memasaknya karena memang tempatnya di konsep seperti dapur rumah sendiri.

Untuk menikmati suasana tersebut kamu perlu berkunjung ke
Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164. Hanya dengan Rp 11.000 sampai Rp 24.000 kamu bisa menikmati Gudeg Pawon ini.

 

4. Pecel Senggol


Pecel Senggol - Photo by travel.tribunnews.com


Pecel yang berada di
Pasar Beringharjo, Jl. Pabringan No.84, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 ini juga cukup berbeda dari pecel lainnya. Itu karena pilihan sayurannya yang lebih banyak dan isinya yang lebih bervariasi. Untuk mendapatkan pecel ini, kamu cukup menyediakan Rp 10.000 saja.

Buat kamu yang suka sayuran, pecel ini wajib kamu coba. Selain rasanya yang enak, suasana jika kamu makan di sana juga cukup menarik karena dikerumuni oleh banyak orang tapi untuk masa pandemi ini, ditunda dulu ya.

 

5. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe


Soto Ayam Pak Dalbe - Photo by tuguwisata.com

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas, misalnya soto yang merupakan salah satu makanan khas di beberapa daerah. Sama seperti Jogja yang memiliki soto dengan cita rasa yang berbeda dari daerah lainnya. Yup, di Jogja ada soto ayam kampung yang berkuah jernih dengan rasa gurih manis. Cita rasa ini merupakan salah satu ciri khas kuliner Jogja.

Salah satu soto ayam kampung yang menjadi favorit di pagi hari yaitu Soto Ayam Kampung Pak Dalbe. Warung ini bertempat di
Jl. Babarsari No.43, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Untuk harganya cukup murah, karena hanya dengan Rp 10.000 saja kamu sudah bisa menikmati cita rasa soto yang berbeda ini.

 

6. Sego Koyor Bu Parman


Nasi Koyor Bu Parman - Photo by merahputih.com


Buat kamu yang bingung masalah menu makan malam, jangan khawatir! Jogja selalu punya beragam kuliner yang bisa kamu santap di malam hari. Salah satunya adalah Sego Koyor, nasi yang isisnya urat sapi dan dilengkapi dengan kuah santan. Bisa bayangin kan, seenak apa?


Untuk mendapatkan Sego Koyor ini kamu harus berkunjung
Jl. Brigjen Katamso No.111, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warungnya buka mulai pukul 22.00 hingga menjelang subuh dan kamu bisa menikmati kuliner Jogja yang khas ini hanya dengan Rp 13.000 saja.

 

7. Nasi Godog Pak Pethel


Nasi Godog Pak Pethel - Photo by travelingyuk.com


Kuliner Jogja yang satu ini patut dicoba karena merupakan inovasi yang menarik di bidang kuliner. Nasi godog ini berada di daerah Ngaglik, Pendowoharjo, Sewon, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55186 dan setiap harinya mulai buka pada pukul 19.00 hingga 00.00 WIB. Untuk harga, kamu tidak perlu khawatir, cukup dengan Rp 15.000 kamu sudah bisa menikmati Nasi Godog ini.

 

8. Soto Bathok Mbah Katro


Soto Bathok Mbah Karto - Photo by datawisata.com

Soto ini menjadi hidangan yang unik karena penyajiannya yang menggunakan batok kelapa yang sudah didesain sedemikian rupa. Soto daging sapi dan kuah bening yang gurih ini membuat para wisatawan menyukainya.

Ada berbagai macam sate dan toping lainnya juga seperti sate usus, telur puyuh, dan gorengan tempe yang renyah. Soto bathok Mbah Katro ini bertempat di Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harganya juga cukup murah, mulai dari Rp 5.000 per porsi.

 

9. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti


Oseng-Oseng Mercon Bu Narti - Photo by angkutkoper.com


Bagi kamu yang suka makanan dengan rasa yang pedas tapi nagih, hidangan satu ini recommended banget. Oseng-oseng Bu Narti ini sudah terkenal di karena rasanya yang enak dan harganya yang murah.


Warung ini bertempat di
Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262 dan buka mulai pukul 18.00 sampai 00.00 WIB. Untuk harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 saja.

 

10. Jenang 13 Rasa


Jenang 13 Rasa - Photo by genpijogja.com

Jajanan tradisional seperti ini sudah mulai sulit ditemui, namun jika kamu ke Jogja, masih banyak orang yang berjualan jajanan tradisional. Salah satu  yang terkenal di Jogja adalah Jenang 13 Rasa.


Jenang 13 Rasa ini buka mulai pukul 07.00 sampai habis dan bisa kamu temui di
 Jl. Candi Sari, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Untuk harganya juga cukup murah, dengan Rp 8.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan jenang dengan lima varian.

 

By MACEVOL – TERESA JASMINE AMARIS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama