Pilih Mana? Jadi Kupu-Kupu atau Kura-Kura?

 #SMARTLEARNER

"Be Smart and Keep Learning"



Pernah ga sih kamu denger istilah mahasiswa kupu-kupu dan mahasiswa kura-kura? Sebenarnya artinya tuh apa ya, terus plus minusnya apa saja, yuk kita simak bareng-bareng!

Mahasiswa Kupu-Kupu

Ilustrasi Mahasiswa Kupu-kupu - Photo by Shutterstock


Istilah kupu-kupu ini adalah singkatan dari Kuliah-Pulang Kuliah-Pulang. Mahasiswa kupu-kupu dapat didefinisikan sebagai mahasiswa yang kesehariannya di kampus hanya datang ke kampus untuk mengikuti kuliah dan setelah kelas selesai mahasiswa tersebut langsung bergegas pulang begitu terus kesehariannya di kampus. Biasanya mahasiswa kupu-kupu ini memilih segera pulang untuk belajar melatih hardskill di kos / rumah untuk mengejar IPK tinggi dan lulus tepat waktu. Mahasiswa kupu-kupu ini cenderung tidak suka untuk mengikuti serangkaian aktivitas organisasi yang ada di kampus ataupun mengikuti diskusi kelompok dikampus, sehingga mereka cenderung tertutup pada lingkar pertemanan yang terbatas. Namun mahasiwa kupu-kupu ini tetap bisa melatih softskillnya di luar kampus, misalnya mengikuti volunteer di luar kampus seperti volunteer online / offline yang memiliki durasi waktu yang sedikit atau mungkin kerja part time.

Mahasiswa Kura-Kura

Ilustrasi Mahasiswa Kupu-kupu, Photo by kompas.com


Arti dari istilah satu ini adalah Kuliah-Rapat Kuliah-Rapat. Nah ini adalah sebutan untuk tipe mahasiswa yang demen berorganisasi di lingkungan kampus sehingga setiap selesai kelas mereka biasanya akan mengadakan rapat organisasi untuk membahas proker mereka. Dengan berorganisasi seperti ini mereka dapat bersosialisasi dengan orang banyak, mendapatkan relasi yang lebih luas, dan juga melatih softskill mereka. Mengikuti organisasi seperti ini membuat waktu mereka semakin padat yang mengaharuskan untuk mampu memanajemen waktu dengan baik antara organisasi dengan kuliah. Jika tidak bisa memanajemen waktu dengan baik kuliahnya dapat terganggu yang mana akan mempengaruhi nilai IPKnya kelak.

Kamu pilih yang mana nih? Jadi kupu-kupu atau kura-kura? Keduanya pasti memiliki plus minus tersendiri dan itu kemballi lagi ke kita yang menjalaninya. Apapun yang kamu pilih, tetap semangat yaa dan ingat bahwa prioritas utama kita sebagai pelajar adalah belajar. See you!

 

MACEVOL - RIANITA RIZKI RAMADHANI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama