Tumbuhkan Kreativitas dan Inovasi Lewat Hal Ini

#JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"

Ilustrasi Kreativitas - Photo by brankaspedia.com

Kreativitas dan inovasi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kinerja karier dan kita terdorong untuk maju mencapai tujuan kita. Semua orang dapat memiliki kreativitas dan inovasi. Nah, apa saja sih hal yang perlu kita lakukan untuk memiliki mindset mengenai kreativitas dan inovasi itu?

1. Mengamati

Ilustrasi mengamati - Photo by kanalstyle.blogspot.com

Kreativitas dan inovasi salah satunya timbul dari pengamatan. Selama ini banyak orang yang hanya menjalani hidup di satu jalan lurus tanpa melihat hal lain yang ada disekitarnya. Padahal kreativitas itu baru bisa muncul saat kita mengeksplor lebih banyak hal lain di luar kebiasaan kita.

Dengan begitu, kita semakin terlatih juga untuk menghadapi segala hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Lihatlah tantangan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan diri kita dan kesempatan untuk mencoba hal-hal terbaik yang bisa kita lakukan.

2. "Mengapa?"

Ilustrasi mengapa - Photo by thoughtco.com

Kita bertanya "mengapa" karena kita berusaha menemukan jawaban, atau hanya sekedar mendengarkan saja? Bertanya "mengapa" ini akan membantu kita untuk memiliki pemikiran yang jauh lebih kritis dan berpikir kritis merupakan jembatan penghubung antara kita dengan kreativitas dan inovasi. Jadi, bertanyalah mengapa, dengarkan / carilah penjelasannya serta selalu mencari hal baru.

3. Membiasakan Diri terhadap Pemikiran Baru

Ilustrasi pemikiran baru - Photo by jawaban.com

Kapan terakhir kali kita membaca buku atau menonton atau bahkan membahas hal yang tidak berkaitan dengan keseharian dan kariermu? Cobalah untuk melakukan hal baru dan mempelajari keterampilan baru. Semakin tinggi rasa keingintahuan kita, maka semakin besar peluang kita untuk memiliki kreativitas dan inovasi. Temukan sendiri pengetahuan atau keterampilan baru untuk dipelajari. Misalnya, belajar bahasa asing, dan  lainnya.

4. Membangun Koneksi & Relasi

Ilustrasi Relasi - Photo by ShutterStock

Semakin banyak koneksi dan relasi yang kita miliki, semakin luas juga lingkaran pemikiran kita. Dengan siapa kita bergaul dan bekerja, itu semua mempengaruhi seberapa bermanfaat hidup yang kita jalani terhadap diri sendiri dan juga untuk orang lain.

Setiap kita dilahirkan dengan rasa keingintahuan. Tapi untuk mengembangkan dari cara kita mengembangkan rasa keingintahuan itu. Jangan ragu untuk terus mengasah kreativitas dan inovasi yang Anda miliki. See you!

By MACEVOL - IRWAN PRASETYO

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama