5 Tips Memilih Perusahaan untuk Bekerja

 #JIWAMUDA #SMARTLEARNER

Ilustrasi Perusahaan - Photo by dream.co.id

Setiap orang tentunya memiliki kriteria dan pandangan yang berbeda tentang tempat kerja yang diinginkan apalagi tempat kerja juga memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kinerja, pengembangan, dan mental para pekerjanya. Apa saja hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melamar untuk sebuah perusahaan?

1. Reputasi Perusahaan

Ilustrasi reputasi dan sosial pada perusahaan - Photo by money.kompas.com

Penting sekali untuk memastikan reputasi dan keaktifan perusahaan sebelum mengirim surat lamaran kerjamu. Semakin baik reputasi yang dimiliki, semakin besar juga potensi kinerjamu dapat tergali dan semakin banyak ilmu serta pengalaman baru yang bisa didapatkan.

2. Gaji

Ilustrasi gaji - Photo by kompas.com

Semua orang pasti mau memperoleh gaji yang besar. Kamu harus menyesuaikan perolehan gaji tersebut dengan jenis pekerjaan, pengalaman, kemampuan yang dimiliki, dan juga biaya hidup. Saat menjalani wawancara kerja, jangan takut untuk menyebut nominal gaji yang kamu harapkan untuk dipenuhi perusahaan asalkan kamu sudah menyesuaikannya dengan point di atas.

3. Jenjang Karir

Ilustrasi jenjang karir - Photo by intisari.grid.id

Perusahaan yang baik pasti akan memikirkan jenjang karir karyawannya pula. Bahkan kamu tidak perlu ragu untuk bertanya mengenai jenjang karir ke depannya saat menjalani wawancara kerja. Pastikan kamu mengetahui sistematika promosi untuk naik jabatan di perusahaan tersebut.

4. Lokasi Perusahaan

Ilustrasi lokasi - Photo by bprwm.co.id

Sangat penting untuk bekerja di perusahaan yang memiliki lokasi strategis. Strategis dalam hal ini bukan hanya seberapa dekat perusahaan dengan pusat kota, restoran, dan lainnya tetapi mengenai jarak antara kantor dengan tempat tinggalmu. Menempuh waktu kurang dari 1 jam untuk ke kantor dari tempat tinggalmu atau jarak antara kantor dan tempat tinggal kurang dari 10 km masih tergolong wajar. Jangan sampai energimu sudah terkuras habis hanya untuk perjalanan menuju kantor karena itu bisa menyebabkan penurunan kinerja.

5. Sesuaikan dengan Minat & Keahlianmu

Ilustrasi keahlian - Photo by silabus.org

Ini juga sangat penting. Jangan sampai hanya karena 4 point di atas sudah terpenuhi kamu melupakan point satu ini. Bekerja sesuai minat dan keahlian akan membawa keuntungan bagi perusahaan dan juga karyawan. Setiap tugas yang kamu kerjakan akan terasa lebih mudah dan dijalani dengan hati yang gembira. Tapi kalaupun kamu berada di kondisi yang mengharuskan kamu beralih ke profesi yang tidak sesuai passion, pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik agar dapat beradaptasi dengan baik di profesi yang baru itu.

Terima kasih sudah baca artikel ini sampai selesai. Semoga kamu enjoy dengan konten-konten kami yang lain. See you!

By MACEVOL - Rafi Yunan Putera Cono

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama