Bagaimana Cara Berpikir Kritis?

 #JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"

Photo by theenglishfarm.com

Berpikir Kritis adalah kemampuan seseorang untuk berpikir secara jernih dan rasional tentang hal yang harus dilakukan, putuskan, dan percaya. Bahkan hal ini sudah sering kita jumpai diberbagai kondisi, salah satunya dalam kriteria penerimaan pegawai baru oleh sebuah perusahaan. Semua manusia memang bisa berpikir tapi tidak 100% dari mereka mampu berpikir dan memperhatikan segala aspek dari sebuah kondisi dengan baik.

Hal itu seringkali mengakibatkan adanya kesalahpahaman, misleading, hingga pengambilan keputusan yang kurang tepat. Berpikir secara kritis ini bisa dilatih sejak dini lho. Apa saja ya caranya?

1. Bertanya

Ilustrasi bertanya - Photo by incimages.com

Bertanya bukan hanya tentang menanyakan sesuatu kepada orang lain atau ke mbah google, tapi bertanya dalam artian yang lebih luas. Saat kamu memiliki pendapat atau asumsi, tanyakan di tempat yang tepat mengenai hal itu. Mulai dengan bertanya pada dirimu sendiri "5W+1H", lanjutkan pertanyaan tersebut ke orang lain kalau masih belum menemukan jawaban yang tepat. Jangan biarkan pendapat, ide, atau asumsi itu tinggal di dalam pikiranmu sementara kamu tidak mengetahui kebenarannya.

2. Fakta yang Logis dan Saling Berhubungan

Ilustrasi fakta - Photo by travel.tribunnews.com

Sebuah kondisi atau masalah tentu memiliki sebab dan akibat, awal mulanya, hingga info yang benar dan hoax. Nah, kamu harus memilih satu hal yaitu FAKTA. Informasi yang kamu pegang harus nyata, logis, dan berhubungan dengan kondisi yang sedang kamu hadapi. Tidak hanya itu, selain memegang faktanya kamu juga harus memahaminya dengan baik agar apapun keputusan yang kamu ambil atau yang kamu bahas benar-benar berhubungan dengan kondisi sesungguhnya.

3. Mempertimbangkan Setiap Kemungkinan

Ilustrasi pertimbangan - Photo by dictio.id

Termasuk dengan menempatkan diri pada posisi orang lain. Semua orang pasti mau keputusan atau pernyataan yang ditentukan diikuti oleh orang lain. Yang perlu diperhatikan sekarang adalah bagaimana kita bisa membawa orang lain mengikuti keputusan kita dan memastikan hal itu positif / menguntungkan untuk pihak kamu pribadi, pihak orang yang mengikuti pilihanmu, dan pihak lain yang terdampak. Kita memang tidak bisa memuaskan semua mulut yang ada tapi langkah yang diambil harus benar-benar diyakini dan sesuai dengan kebutuhan.

4. Open Minded

Ilustrasi open minded - Photo by itsjustlunchmnblog.typepad.com

Berpikir kritis tidak hanya tentang keputusan yang harus kamu tentukan sendiri. Ada beberapa hal yang memang membutuhkan pemikiran orang lain. Jujur kepada diri sendiri itu sangat penting. Kalau salah, jangan takut untuk mengakuinya tidak perlu kamu tutupi. Akui dan perbaiki. Jangan pernah merasa diri yang paling hebat dan menjadi egois.

Nah, mungkin itu cara-cara singkat untuk melatih diri berpikir secara kritis. Jangan malas untuk mencari info tambahan dari segala tempat ya! Selalu haus ilmu itu penting. Kalau kamu ada masukan tentang artikel ini, jangan ragu untuk komen atau hubungi kamu lewat media sosial kamu ya. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama