Berpikir Kritis?

#JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"
 

Ilustrasi berpikir kritis - Photo by talentlens.in

Salah satu hal yang bisa dilakukan setiap orang adalah berpikir. Sejak kecil kita memang sudah dilatih untuk melakukan berbagai hal, seperti merespon dan berpikir. Beranjak dewasa, rasanya kata berpikir itu harus kita kembangkan menjadi "berpikir kritis". Terdengar klasik tetapi hal ini sangat penting lho. Berpikir kritis itu bukan hanya tentang mengetahui yang benar dan salah tapi juga mengetahui alasan dari suatu hal atau kondisi, Hal itu memegang peranan yang cukup penting dalam pengambilan keputusan seseorang dan membiasakan seseorang untuk memiliki prinsip.

Singkatnya, dengan berpikir kritis kita mampu melatih sekaligus membiasakan diri untuk membuat keputusan yang tepat yang cepat dan tetap berdampak positif. Terus apa aja untungnya kalau kita berpikir kritis?

1.  Lebih Mandiri dan Memliki Prinsip

Ilustrasi disiplin - Photo by koinworks.com

Kita tidak harus selalu mengandalkan atau mengharapkan orang lain. Berpikir kritis membuat otak kita terlatih untuk berpikir cepat, tepat, rasional, sekaligus kreatif sehingga cukup banyak hal yang bisa dilakukan sendiri tanpa menunggu orang lain. Kalaupun ada orang lain yang terlibat kamu tidak akan mudah terbawa "arus" mereka karena sudah memiliki prinsip pribadi dan pastinya menjadi lebih selektif dan teliti dalam mengolah sebuah informasi.

2. Memahami Sudut Pandang Orang Lain dengan Lebih Mudah

Ilustrasi sudut pandang - Photo by salamadian.com

Selain hal-hal di atas, berpikir kritis juga membuat seseorang memiliki pemikiran yang lebih fleksibel dan terbuka sehingga ia lebih mudah menerima masukan atau pendapat orang lain. Ia juga mampu dengan mudah menempatkan diri di posisi tertentu dan memahami kondisi itu. Karena berpikir kritis bukan hanya sekadar membuat seseorang memiliki prinsip pribadi, tapi juga membuat orang semakin terbuka untuk hal-hal yang baru diluarnya.

3. Banyak Alternatif, Peluang, dan Ide

Ilustrasi ide - Photo by medium.com

Memiliki pemikiran yang kritis tentunya sangat membantu kamu untuk memikirkan semakin banyak peluang, ide, bahkan kemungkinan yang akan terjadi terhadap suatu hal. Karena orang yang berpikir kritis pasti akan membuka mata selebar mungkin dan mengamatinya dengan baik. Dan ide yang dikeluarkan seringkali out of the box dan tentunya tetap berhati-hati.

By MACEVOL - Vicky Edrianto

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama