Manfaat Tea Tree Oil. Banyak Banget!

#JIWAMUDA "Usia Tidak Mengukur Mudamu"

Tea Tree Oil - Photo by keeperofthehome.org

Belakangan ini minyak pohon teh atau tea tree oil sudah semakin dikenal sebagai salah satu bahan untuk produk kecantikan wajah. Tapi ternyata manfaat tea tree oil tidak cuma untuk wajah saja, bisa juga untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain untuk perawatan kecantikan kulit, tea tree oil juga bisa digunakan untuk membasmi serangga dan masih banyak lagi. Apa saja ya?

1. Mengobati Jerawat & Mengurangi Minyak pada Kulit

Ilustrasi mengobati jerawat - Photo by ShutterStock  

Untuk yang satu ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tea tree oil mengandung antiradang dan antimikroba. Terdapat juga zat yang sama efektifnya dengan benzoil peroksida (banyak ditemukan pada produk obat jerawat). Tea tree oil juga mampu mengurangi minyak pada kulit karena adanya kandungan antiseptik di dalamnya. Selain itu penggunaan tea tree oil tidak banyak mengandung efek samping yang keras jadi cukup direkomendasikan.

2. Menghilangkan Bau Badan

Ilustrasi bau badan - Photo by ambon.tribunnews.com

Keringat pada dasarnya tidak berbau namun ia bercampur dengan bakteri sehingga menimbulkan bau tak sedap. Nah, dengan menggunakan tea tree oil, ia mampu membantu melawan bakteri tersebut agar tidak menimbulkan bau badan. Caranya mudah banget kok. Kamu cukup mencampurkan tea tree oil, minyak kelapa, dan baking soda. Setelah tercampur rata, oleskan ke bagian tubuh yang menurutmu sering mengeluarkan bau yang tidak sedap, seperti di ketiak atau kaki. Oleskan sebelum tidur dan bilas dengan air dingin saat pagi hari. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin ya!

3. Menghilangkan Ketombe dan Menjaga Kesehatan Rambut

Ilustrasi ketombe - Photo by iStockPhoto
Ini juga bisa menjadi altenatif selain shampoo antiketombe lho! Kandungan dalam tea tree oil akan menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, bahkan bisa membuat rambut terhindar dari kutu. Dengan mencampurkan tea tree oil dengan minyak lavender mampu membuat si kutu rambut sulit bernapas.

4. Meredakan Gatal pada Kulit

Ilustrasi gatal pada kulit - Photo by health.grid.id

Sifat anti-inflamasi (antiradang) yang dimiliki tea tree oil mampu meredakan gatal akibat eksim dan psoriasis kulit. Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke pelembab atau minyak lallu oleskan pada daerah kulit yang gatal beberapa kali tiap harinya.

5. Menyembuhkan Luka

Ilustrasi menyembuhkan luka - Photo by ShutterStock

Saat kamu tidak sengaja terluka, kamu bisa oleskan krim untuk luka yang sudah dicampurkan dengan satu atau beberapa tetes tea tree oil. Serbaguna banget kan!

6. Hand Sanitizer Alami

Hand Sanitizer - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Tea tree oil diketahui memiliki kandungan antiseptik, antimikroba, dan antiradang sehingga tea tree oil juga bisa kamu jadikan sebagai hand sanitizer alami bahkan bisa kamu campurkan ke dalam sabun cuci tangan karena dinilai mampu meningkatkan efektifitas sabun dalam melawan bakteri E.colli.

Wah, banyak banget ya manfaatnya dan hal di atas ternyata masih sebagiannya lho! Kalau kamu suka dengan konten-konten seperti ini, support terus dengan cara rajin membaca yaa. See you! 

By MACEVOL - ANASTASIA BERLIANNA FEBIOLA

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama