Mitos-Mitos Seputar Olahraga. Apa Saja Ya?

#MYTHORFACT  
“Jadi Reader & Tetap Kritis”

 

Hai, hai! Kamu pecinta olahraga atau kamu baru mau mulai rutin olahraga? Apapun itu, kamu harus baca dulu nih mitos-mitos seputar olahraga yang mungkin kamu percaya tanpa kamu sadari.

1. Harus Berolahraga Setiap Hari

Ilustrasi olahraga setiap hari - Photo by cnnindonesia.com

Olahraga memang baik untuk kesehatan tetapi tidak dianjurkan setiap hari. Olahraga setiap hari justru membuat tubuh kita kelelahan dan lebih tinggi risiko untuk cedera. Frekuensi olahraga yang dianjurkan adalah 3-5 kali seminggu dengan durasi 15-60 menit.

2. Semakin Banyak Berkeringat Semakin Baik

Mungkin banyak yang berpikir "semakin banyak keringat yang keluar semakin banyak juga kalori dan lemak yang terbakar". Tetot! Keringat ini adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan panas tubuh atau cairan berlebih dalam tubuh. Antara pembakaran kalori dengan banyak keringat yang keluar tidak ada hubungannya ya.

3. Paling Baik Berolahraga di Pagi Hari

Ilustrasi olahraga di pagi hari - Photo by trend.koropak.co.id

Kalau yang satu ini ga sepenuhnya benar sih. Kamu boleh banget berolahraga kapanpun kamu memiliki waktu senggang. Pagi, siang, sore, atau malampun juga boleh tetapi kalau di malam hari jangan terlalu dekat dengan jam tidur biar kamu ga kesulitan untuk tidur.

4. Minum Minuman Berenergi Setelah Olahraga

Ilustrasi minuman berenergi - Photo by cooperinstitute.org

Untuk yang satu ini ga wajib kok. Kamu tidak harus meminum minuman berenergi atau minuman isotonik seetelah olahraga, air mineral pun cukup kok untuk merehidrasi dan mengganti cairan tubuh.

5. Tidak Makan Sebelum Olahraga

Ilustrasi makanan - Photo by immediate.co.uk

Kalau kamu berpikir olahraga dengan keadaan perut kosong akan mempercepat penurunan berat badan, kamu salah banget! Malah kita sangat dianjurkan untuk makan kurang lebih 2 jam sebelum olahraga untuk memberi energi dan mencegah sakit perut  saat atau setelah olahraga.

Dari point 1-5 berapa banyak nih yang ternyata dulu kamu percaya dan baru tahu kebenarannya?

By MACEVOL - Adinda Vinsia Talia Nabellagosa

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama