Hambatan Saat Berpikir Kritis

#SMARTLEARNER #JIWAMUDA

Ilustrasi - Photo by binus.ac.id

Pernah ga sih kamu merasa sangat sulit untuk berpikir kritis bahkan untuk hal yang sepele? Atau bahkan hambatan itu berasal dari dalam dirimu sendiri? Kenapa kita tidak bisa bersikap / berpikir kritis? Cari tahu jawabannya disini yuk!

1. Egois

Ilustrasi anak kecil egois - Photo by klikdokter.com

Egois, berpikiran sempit, kurang berkomunikasi dengan orang lain, bersikap terlalu kaku, atau bahkan masih terlalu terikat dengan mindset yang lama menjadi salah satu hambatan saat kamu mencoba untuk berpikir kritis. Kali ini mari membahas part "egois". Saat kamu membiarkan sifat egois bertumbuh dalam dirimu, itu berarti kamu membangun dinding tebal antara dirimu dengan dunia luar. Yang terburuk adalah kamu tidak bisa berpikir secara objektif dan semakin keras kepala. Cermin yang kamu pasang hanya menghadap dirimu sendiri dan hanya itu yang kamu perhatikan.

2. Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Ilustrasi opini - Photo by intisari.grid.id

Ini juga salah satu kendala yang sering terjadi pada banyak orang. Hanya karena terdengar menarik, bukan berarti kamu harus melakukan suatu hal tanpa tujuan termasuk dengan membiasakan diri untuk berpikir kritis. Apapun itu kita harus mengetahui tujuan atau alasan dibaliknya supaya setiap hal yang dilakukan bisa lebih bermanfaat dan bermakna.

3. Opini atau Asumsi Orang Lain

Ilustrasi opini orang lain - Photo by ShutterStock

Di
point pertama memang kamu disarankan untuk membuka diri dan menerima masukan atau paling tidak berkomunikasi dengan orang lain tapi di point ini, kamu harus mengetahui batasannya. Asumsi atau opini orang lain memang penting tapi itu bukan penentu utama, penentunya adalah kamu. Jangan biarkan asumsi tersebut mengacaukan mindset mu. Ketahui dengan baik kapan kamu harus mengikuti saran orang dan kapan kamu harus tetap berpegang teguh dan yakin pada dirimu sendiri.

4. Menutup Diri

Ilustrasi menutup diri - Photo by okezone.com

Yup! Ini juga salah satu hambatan yang berasal dari diri kita sendiri. Salah satunya karena terlalu sering merendahkan diri dan membiarkan opini orang lain memimpin kamu. Buruknya lagi, hal ini membuat kamu tidak percaya diri, mudah tersinggung, sulit beradaptasi, takut gagal, takut ditolak, dan lost dari tujuan awalmu.

5. Berusaha Menyenangkan Semua Orang

Ilustrasi - Photo by apa.org

Last but not least adalah kondisi dimana kamu terlalu sibuk mengisi perut setiap orang sementara kamu sendiri sudah sangat kelaparan. Ingat! Kamu harus tetap berpendirian dan memiliki tujuan yang jelas dalam setiap hal yang kamu lakukan tapi tetap mendengar opini atau masukan dari orang lain. TAPI, jangan biarkan dirimu berada di bawah opini itu dan kamu hanya menjadi orang yang berusaha menyenangkan orang lain.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu mengenali hambatan apa yang sedang kamu hadapi saat sedang berusaha untuk berpikir secara kritis. Jangan ragu untuk berdiskusi atau memberi kamu saran ya. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama