Manfaat dari Negative Thinking. Emang Ada?

#JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"


Negative Thinking (pemikiran negatif) sering kali dianggap sebagai bentuk hambatan dalam menjalani hidup ini. Tapi ternyata negative thinking ini tidak selamanya negatif lho. Terlalu sering berpikiran negatif memang berdampak buruk tapi terkadang pemikiran negatif ini juga diperlukan bahkan memiliki beberapa manfaat bagi kita. Apa saja ya?

1. Melindungi / Mencegah / Menyelamatkan

Ilustrasi - Photo by districtadministration.com

Saat berpikiran negatif kita cenderung lebih antisipatif terhadap suatu hal dan itu mampu membuat kita menjadi peka terhadap kondisi tersebut. Pemikiran negatif mampu melindungi kita, mencegah kita terjatuh dalam lubang bahaya, atau bahkan menyelamatkan kita dari suatu kondisi. Saat terlalu berfokus hanya pada sisi positif, seringkali kita tidak melihat sisi yang lainnya dan disitulah pemikiran negatif berperan.

2. Batasan

Ilustrasi batasan - Photo by cebma.org

Fakta yang satu ini sulit ditepis. Negative thinking memang membuat batasan bagi kita mengenai suatu hal entah disadari ataupun tidak. Dan ada waktu dimana kamu perlu berpikiran negatif untuk melihat sisi yang tak kasat mata agar dapat menentukan batasanmu.

3. Membantu Mengambil Keputusan secara Bijak

Ilustrasi berpikir keputusan - Photo by associationsnow.com

Bisa dibilang negative thinking membantu kita untuk berpikiran lebih luas dan lebih realistis sehingga saat kita harus mengambil keputusan, hal ini sangat membantu. Pemikiran negatif membantu kita untuk melihat segala kemungkinan buruk yang ada agar kita tidak terlena oleh ekspektasi ataupun harapan yang berlebihan dan mampu menentukan keputusan terbaik di kondisi tersebut.

4. Perubahan

Ilustrasi - Photo by peoplemattersglobal.com

Banyak orang merasa terlalu takut untuk jatuh, terlalu ragu untuk berpikiran realistis. Negative thinking juga membantu kita untuk lebih jeli dan teliti melihat suatu kondisi. Tidak ada salahnya untuk mengkritik dirimu sendiri atau rekan kerjamu selagi hal itu untuk perubahan yang lebih baik. Tidak hanya mengkritik, negative thinking juga bisa membantu kita untuk lebih berani dalam menyuarakan kebenaran atau keadilan.

Pada akhirnya, tidak ada yang salah ataupun benar dari setiap pemikiran kita. Kita hanya manusia. Tetapi kita perlu mengambil langkah yang mendekati benar demi kebaikan diri dan bersama. Dan jika negative thinking adalah salah satu jalan yang membantu, itu tidak bermasalah selagi kita tidak melakukannya secara berlebihan. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. See you!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama