Saat Kamu Merasa Putus Asa, Ingat Hal Ini!

#JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"

Ilustrasi putus asa - Photo by klikdokter.com

Setiap orang pasti pernah merasa putus asa. Rasanya sangat buruk. Kehilangan harapan, kebahagiaan, menderita, bahkan kesedihan yang berlarut-larut. Kondisi ini sering terjadi karena apa yang kita alami pada kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tapi itu semua adalah hal yang wajar. Putus asa adalah salah satu proses setiap orang untuk menjadi individu yang lebih baik dan lebih mengerti arti kehidupan. Apa aja caranya untuk mengatasi putus asa ini?

1. Tenangkan Diri & Jernihkan Pikiran

Ilustrasi menenangkan diri - Photo by suara.com

Rasanya tidak bisa dijelaskan. Campur aduk. Dan hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menenangkan diri. Hanya kamu yang bisa mengontrol diri dan pikiranmu sendiri. Lakukan hal yang baik, seperti menarik diri sementara, pergi menghirup udara segar, dan hal lainnya. Sejalan dengan itu, mulai lah menjernihkan pikiranmu.

2. Jangan Lari, Terima, dan Bicarakan

Ilustrasi - Photo by tirto.id

Tidak perlu takut dengan kondisi ini. Memang tidak ada orang yang mengharapkan kondisi ini tetapi saat kamu berada dalam kondisi seperti ini kamu tidak perlu takut atau bahkan melarikan diri. Menerima. Terdengar klise, tetapi ini sangat penting sekaligus sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Bicarakan pada dirimu tentang kondisi ini, jangan mengabaikannya. Kalau kamu memiliki teman yang terpercaya, kamu boleh bercerita kepadanya. Tapi ingat, semua itu tentang kamu, jangan terlalu mudah terpengaruh.

3. Lampiaskan ke Hal Positif

Ilustrasi Olahraga - Photo by bukalapak.com

Ada beberapa orang yang memang memerlukan pelampiasan. Kamu bisa melampiaskan emosimu itu ke hal yang positif, seperti berolahraga. Setidaknya itu menolong kamu untuk melewati masa-masa sulit itu bahkan bisa membuatmu merasa bahagia.

4. Kamu Inspiratif, Ada Orang yang Menyayangimu

Ilustrasi - Photo by grid.id

Iya, kamu menginspirasi orang lain. Hal sekecil apapun yang kamu lakukan, ada orang yang bangga kepada kamu. Ada orang begitu terinspirasi dan mendambakan kehidupan yang kamu jalani saat ini. Ada orang yang menyayangimu saat ini. Kami memang tidak mengenalimu tetapi kami yakin, kamu istimewa.

5. Buka Mata dan Terus Bermimpi

Ilustrasi - Photo by depositphotos.com

Pada akhirnya kita akan menyadari dan mengerti bahwa setiap masalah yang datang memiliki alasan dan tujuannya tersendiri. Entah itu baik atau tidak, setidaknya kamu mendapatkan pelajaran dan pengalaman kehidupan. Dan sebagai manusia kita perlu membuka mata ke luar. Tidak selamanya mengasihani diri sendiri. Ada banyak orang yang mengalami masalah yang mungkin jauh lebih besar dan berat daripada yang kita alami. Kita perlu melihat hal seperti itu untuk tetap bersyukur. Dan saat masa-masa sulit itu sudah bisa kamu lewati (dengan perjuangan tentunya), kamu harus tetap bermimpi. Jangan berhenti ya.

Terima kasih sudah membaca artikel kami sampai akhir. Jangan ragu untuk memberi kritik ataupun saran mengenai topik artikel yang perlu kami bahas selanjutnya. See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama