Tanda-Tanda Kamu Mulai Kecanduan Media Sosial

#JIWAMUDA
"Usia Tidak Mengukur Mudamu"

Ilustrasi kencanduan sosial media - Photo by lifestyle.kompas.com

Di era digital saat ini, sulit rasanya lepas dari satu hal yang bernama media sosial. Hal ini memang memberi banyak manfaat untuk kita tapi di sisi lain hal ini juga mampu mengganggu bahkan merusak kesehatan baik secara fisik maupun mental. Kali ini kami akan memberikan ciri-ciri orang yang akan atau sudah kecanduan terhadap media sosial.

1. Hal Pertama dan Terakhir yang Kamu Lihat adalah Gadget

Ilustrasi menatap gadget - Photo by ShutterStock

Saat bangun dari tidur, menjalani hari, hingga kembali tidur hal yang paling diperhatikan adalah media sosial. Entah itu Instagram, Facebook, Pinterest, Twitter, Line, dan sebagainya. Bahkan kamu merasa gelisah jika tidak bisa mengakses media sosial karena suatu kendala. Hati-hati ya itu adalah tanda awal kamu mulai kecanduan terhadap media sosial, perhatikan berapa banyak waktu yang kamu habiskan hanya untuk sekadar membuka media sosial.

2. Segera Membuka Handphone saat Ada Notifikasi

Notifikasi - Photo by iconfinder.com

Notifikasi dari handphone bisa dibilang memiliki efek dopamin dan hal itu merupakan salah satu unsur utama dalam kasus kecanduan termasuk kecanduan terhadap media sosial. Sangat penting bagi kita untuk bisa mengontrol diri bahkan ada baiknya kalau kamu memiliki jadwal kapan kamu bisa membuka media sosial dan kapan kamu harus fokus kepada pekerjaan atau tugasmu.

3. Tidak Bisa Bersosialisasi dengan Baik

Komunikasi - Photo by Brooke Cagle on Unsplash

"Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat", mungkin pernyataan ini cukup tepat disandingkan bersama media sosial. Perlu kita ingat, pada dasarnya media sosial ini hanya sebuah "pembantu" untuk tetap mendekatkan kita dengan teman yang berada di tempat lain dan kita harus tetap sadar bahwa berinteraksi secara langsung dengan orang lain merupakan hal utama. Jangan sampai kamu menjadi orang yang tidak memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar atau bahkan kamu tidak bisa menikmati momen kebersamaan dengan baik karena sibuk dengan gadget masing-masing.

4. Suka Menunda

Ilustrasi menunda - Photo by magazine.job-like.com

Membuka media sosial memang membuat kita lupa waktu. Saat kita melihat satu postingan rasanya tangan kita tidak bisa berhenti untuk meng-scroll ­ke bawah untuk melihat postingan lainnya. Itu membuat kita kehilangan waktu dan bahkan bisa membuat kewajiban kita menjadi terbengkalai.

5. Image di Media Sosial yang Terpenting

Ilustrasi media sosial - Photo by fraudwatchinternational.com

Semua orang pasti ingin menampilkan yang terbaik baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Tapi saat kamu lebih mementingkan image yang baik di media sosial dan melupakan kenyataan di dunia nyata bahkan rela melakukan segala cara untuk bisa menjadi yang terbaik atau viral, saat itu kamu harus mengintrospeksi diri dan kembali men-refresh pola pikirmu itu. Ada banyak orang yang membangun image yang bertolak belakang dengan dirinya yang sesungguhnya. Kamu cukup menjadi dirimu sendiri dan tidak perlu terlalu terpengaruh dengan "tren" yang tidak sesuai dengan dirimu.

Itu dia 5 point penting yang semoga bisa kamu pahami dengan baik. Jangan ragu untuk memberi saran atau memberi request topik artikel kepada kami ya, kamu boleh kirim disini ya .See you!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama